Sudan Tangkap Dalang di Balik Upaya Kudeta yang Gagal

Antara, · Rabu 22 September 2021 16:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 18 2475300 sudan-tangkap-dalang-di-balik-upaya-kudeta-yang-gagal-LSh9bKz31U.jpg Foto: Reuters.

KHARTOUM - Dewan Pertahanan dan Keamanan Sudan pada Selasa (21/9/2021) mengumumkan penangkapan Mayjen Abdul-Baqi Hassan Osman, dalang di balik upaya kudeta yang gagal.

Dewan menambahkan bahwa 22 pejabat militer lainnya dari tingkatan berbeda dan sejumlah bintara serta tentara juga diamankan. 

BACA JUGA: Upaya Kudeta di Sudan Berhasil Digagalkan, Situasi Terkendali

Dewan menggelar rapat darurat yang dipimpin oleh Ketua Dewan Kedaulatan Sudan Abdel Fattah Al-Burhan untuk membahas situasi keamanan di Sudan usai terjadinya percobaan kudeta.

"Penyelidikan awal mengindikasikan bahwa upaya kudeta bertujuan untuk merebut kekuasaan dan mengacaukan masa transisi saat ini," ungkap Menteri Pertahanan Sudan Yassin Ibrahim Yassin lewat pernyataan.

BACA JUGA: Sudan Akan Serahkan Eks Presiden Omar Al-Bashir Ke Pengadilan Internasional

Pada Selasa pagi, otoritas Sudan mengumumkan ada upaya kudeta gagal yang dilancarkan oleh sekelompok pejabat militer dari sisa-sisa rezim terdahulu.

Perdana Menteri Sudan Abdalla Hamdok mengatakan upaya kudeta itu dirancang oleh orang-orang dari dalam dan dari luar militer.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini