Kereta Keluar Rel dan Terguling, 3 Penumpang Tewas, Puluhan Orang Terluka

Agregasi VOA, · Senin 27 September 2021 06:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 18 2477282 kereta-keluar-rel-dan-terguling-3-penumpang-tewas-puluhan-orang-terluka-1xDxf3MQnX.jpg Kereta keluar dari rel, 3 tewas dan puluhan terluka (Foto: AP via VOA)

MONTANA - Setidaknya tiga orang tewas dan beberapa penumpang lain terluka setelah lima gerbong kereta Amtrak keluar dari rel di sisi utara-tengah Montana pada Sabtu (25/9).

Petugas operator Starr Tyler mengatakan kepada The Associated Press bahwa tiga orang tewas dalam insiden tersebut. Ia tidak memiliki rincian lebih lanjut. Amtrak mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ada banyak korban luka.

Juru bicara Amtrak, Jason Abrams, dalam sebuah pernyataan mengatakan kereta The Empire Builder itu tergelincir keluar dari rel pada pukul 4 sore waktu setempat di dekat Joplin, kota berpenduduk 200 orang. Lokasi kecelakaan berjarak 241 kilometer di utara kota Helena, dan sekitar 48 kilometer dari perbatasan Kanada.

 (Baca juga: Kereta Tergelincir, 11 Orang Tewas, 98 Luka-luka)

Kereta itu mengangkut sekitar 147 penumpang dan 13 kru, kata Abrams.

Megan Vandervest, salah seorang penumpang yang naik kereta itu untuk mengunjungi temannya di Seattle, mengatakan kepada The New York Times bahwa ia terbangun akibat insiden itu.

“Pikiran pertama saya adalah bahwa kami tergelincir, karena, jujur saja, saya cemas dan pernah mendengar kisah-kisah tergelincirnya kereta,” kata Vandervest, yang berasal dari Minneapolis.

“Lalu saya berpikir itu gila. Tidak mungkin kami tergelincir. Hal seperti itu tidak akan terjadi,” lanjutnya.

 (Baca juga: Italia Selidiki Insiden Kereta Gantung Jatuh yang Tewaskan 14 Orang)

Ia menuturkan kepada New York Times bahwa gerbong di belakangnya miring, sementara gerbong di belakangnya lagi bahkan terguling, dan tiga gerbong lainnya di belakang gerbong yang terguling itu “benar-benar jatuh keluar dari rel dan terlepas dari rangkaian kereta.”

Berbicara dari Pusat Lansia Libery County, tempat para penumpang dievakuasi, Vandervest mengatakan rasanya seperti “turbulensi ekstrem di pesawat”

Amtrak bekerja sama dengan otoritas setempat untuk mengangkut penumpang yang terluka dan mengevakuasi penumpang lainnya, tambah Abrams.

Foto-foto yang beredar di media sosial menunjukkan beberapa gerbong terguling. Para penumpang tampak berdiri di sepanjang rel, beberapa sambil membawa koper.

Foto-foto itu menunjukkan langit yang cerah, dan tampak bahwa kecelakaan terjadi di jalur rel yang lurus.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini