Hubungan Tegang, Serbia Kirim Tank, Peralatan Perang, dan Jet Tempur ke Perbatasan Kosovo

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 27 September 2021 13:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 27 18 2477479 hubungan-tegang-serbia-kirim-tank-peralatan-perang-dan-jet-tempur-ke-perbatasan-kosovo-nbS5ulI9Vb.jpg Foto: Tangkapan layar video memperlihatkan tank-tank Serbia dibawa ke perbatasan Kosovo/ Twitter.

PRISTINASerbia mengirimkan tank, perlengkapan perang, dan jet tempur ke perbatasan Kosovo di tengah ketegangan yang meningkat antara Beograd dengan wilayah yang memisahkan diri itu.

Beberapa video yang beredar di daring memperlihatkan sejumlah besar tank tempur utama Serbia terlihat menuju perbatasan Kosovo pada Sabtu (25/9/2021). Tank-tank itu terlihat dibawa dengan truk yang dikawal mobil polisi.

BACA JUGA: Kosovo Gagal Capai Perdamaian dengan Serbia

Serbia juga dilaporkan mengerahkan setidaknya dua jet tempur ke perbatasan administratif kedua wilayah.

Perkembangan ini terjadi di tengah peningkatan ketegangan antara Serbia dan Kosovo, wilayah yang memisahkan diri dari Serbia, yang dipicu oleh keputusan Pristina untuk mengharuskan semua kendaraan dengan plat nomor Serbia mendapatkan plat nomor sementara yang dikeluarkan Kosovo di pos pemeriksaan perbatasan sebelum diizinkan melintas.

BACA JUGA: Indonesia Belum Akui Kemerdekaan Kosovo

Aturan mulai berlaku pada Senin (27/9/2021), dengan pengendara yang ingin memasuki Kosovo dari Serbia tengah sekarang harus membayar pajak €5 untuk menerima plat 'Republik Kosovo' sementara yang berlaku selama 60 hari, demikian diwartakan RT.

Reuters melaporkan, pada Sabtu (25/9/2021), dua kantor kementerian dalam negeri di Kosovo utara diserang oleh warga lokal Serbia oleh pemberlakuan peraturan itu.

Ketegangan antara kedua wilayah itu sekarang berada pada titik tertinggi selama bertahun-tahun. Misi NATO di Kosovo, yang menjaga perdamaian di wilayah tersebut telah menyerukan kedua belah pihak untuk menahan diri.

Kosovo, yang sebagian besar dihuni oleh etnis Albania, memisahkan diri dari Serbia setelah kampanye pengeboman NATO pada 1999. Wilayah itu secara sepihak mendeklarasikan kemerdekaan pada 2008. Meski Kosovo telah diakui oleh sekitar setengah negara anggota PBB, termasuk Amerika Serikat (AS), wilayah yang memisahkan diri itu belum menerima pengakuan universal.

Indonesia, China, Rusia, dan India ada di antara negara-negara yang menolak mengakui kedaulatan Kosovo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini