Kisah Kakak Beradik yang Diizinkan Pulang Usai Ditahan Selama 3 Tahun Sebagai 'Umpan Pemerintah China'

Agregasi BBC Indonesia, · Rabu 29 September 2021 06:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 29 18 2478428 kisah-kakak-beradik-yang-diizinkan-pulang-usai-ditahan-selama-3-tahun-sebagai-umpan-pemerintah-china-UYDEs9PRzo.jpg Kakak beradik warga AS akhirnya diizinkan pulang (Foto: Teman keluarga Liu)

CHINA - Dua bersaudara warga negara Amerika Serikat (AS) yang dilarang meninggalkan China selama tiga tahun akhirnya diizinkan untuk pulang.

Masalah ini bermula ketika Cynthia dan Victor Liu, bersama ibu mereka, melakukan perjalanan ke China untuk mengunjungi keluarga pada tahun 2018.

Ketika itu, Cynthia berusia 27 tahun dan bekerja sebagai konsultan dan Victor berusia 19 tahun dan masih tercatat sebagai mahasiswa.

Beberapa hari kemudian, Sandra Han, ibu mereka ditahan oleh pihak berwenang China dan dimasukkan ke "penjara hitam", pusat detensi rahasia. Itulah informasi yang didapat oleh Cynthia dan Victor.

 (Baca juga: China Temukan Lagi Kasus Flu Burung H5N6 pada Manusia)

Tidak hanya itu. Kakak beradik tersebut juga tidak diizinkan meninggalkan China.

Ketika itu, Kementerian Luar Negeri China memberikan pembenaran atas pembatasan yang diberlakukan dengan alasan ketiganya memegang dokumen bahwa mereka adalah warga negara China, dan mereka "dicurigai telah melakukan kejahatan ekonomi".

Namun kakak beradik mengatakan kepada surat kabar The New York Times ketika itu bahwa pihak berwenang memanfaatkan mereka agar ayah mereka kembali ke China untuk menghadapi dakwaan penipuan.

 (Baca juga: China dan Pakistan Harap Taliban Penuhi Janji Berantas Kelompok Ekstremis)

Ayah mereka adalah mantan eksekutif bank milik negara. Ia dilaporkan telah memutus hubungan dengan keluarganya pada 2012. Adapun Han adalah seorang pengusaha properti, seperti dilaporkan The New York Times.

Berdasarkan laporan media pemerintah China Daily sebelumnya, ayah mereka bernama Liu Changming dan tercatat sebagai salah satu dari 100 buronan kelas kakap dalam kasus dugaan korupsi. Ia melarikan diri dari China pada 2007.

  • 'Umpan pemerintah China'

Di masa lalu para kritikus menuduh China memanfaatkan warga biasa untuk tawar menawar politik, dalam kasus yang disebut "diplomasi penyanderaan". China selalu membantah tuduhan itu.

Kini dua bersaudara Liu telah diizinkan keluar dari China untuk kembali ke AS. Kepastian tersebut antara lain dikonfirmasi oleh Senator Edward Markey dan Elizabeth Warren. Dikatakan bahwa Cynthia dan Victor Liu sudah pulang "sesudah tiga tahun yang sulit dalam tahanan di China sebagai umpan bagi pemerintah China".

Mereka menambahkan Sandra Han adalah warga negara AS dan "ditahan di China". Ditambahkan kedua senator itu telah bekerja bersama pemerintah AS untuk mengupayakan pembebasannya.

Laporan-laporan di AS menyebutkan Cynthia dan Victor Liu dilepaskan di akhir pekan yang sama dengan pembebasan dua warga Kanada, Michael Spavor dan Michael Kovrig. Mereka ditangkap di China pada 2018 dan dituduh melakukan mata-mata.

Keduanya dibebaskan menyusul pelapasan eksekutif Huawei, Meng Wanzhou di Kanada. Ia ditahan di Kanada atas permintaan Amerika Serikat dalam kasus dugaan penipuan.

Pembebasan yang tampak sebagai barter tersebut mengakhiri pertikaian diplomatik yang sengit antara Beijing dan Barat.

Ketika ditanya wartawan pada Senin (27/09) apakah langkah itu justru akan mendorong China untuk terus menggunakan taktik seperti itu, juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengatakan hal itu tidak ada kaitannya.

"Saya pikir penting dicatat, dan diperjelas bahwa masalah ini tidak ada kaitannya,” terangnya.

Ia menambahkan Departemen Kehakiman Amerika Serikat telah "mengambil keputusan independen" untuk membuat kesepakatan dengan pihak penuntut Kanada yang akhirnya membuahkan pembebasan Meng Wanzhou.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini