Share

Ethiopia Usir 7 Perwakilan PBB, Beri Waktu 72 Jam untuk Pergi

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 01 Oktober 2021 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 01 18 2479683 ethiopia-usir-7-perwakilan-pbb-beri-waktu-72-jam-untuk-pergi-aHre8UGjxH.jpg Foto: Reuters.

ADDIS ABABA - Kementerian Luar Negeri Ethiopia telah mengusir tujuh perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), menyatakan mereka sebagai “Persona non grata” dan memberi waktu 72 jam untuk angkat kaki dari negara itu. Ethiopia menuduh perwakilan PBB telah “campur tangan” dalam urusan internal Addis Ababa.

BACA JUGA:  30 Mayat Mengambang di Sungai Akibat Perang

Dalam sebuah pernyataan yang diposting di Twitter pada Kamis (30/9/2021), kementerian mengumumkan nama ketujuh orang yang bersangkutan, termasuk perwakilan dari UNICEF dan ketua tim Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia.

Ketujuh orang tersebut diberi waktu 72 jam untuk meninggalkan negara itu dan dinyatakan sebagai “persona non grata” – yang berarti kekebalan diplomatik mereka tidak akan berlaku lagi.

Juru Bicara PBB Stephanie Tremblay mengatakan bahwa Sekretaris Jenderal Antonio Guterres terkejut dengan langkah Ethiopia tersebut.

BACA JUGA: PBB: 350 Ribu Orang di Tigray, Ethiopia, Terancam Bencana Kelaparan

“Kami sekarang terlibat dengan pemerintah Ethiopia dengan harapan bahwa [personil] PBB yang bersangkutan akan diizinkan untuk melanjutkan pekerjaan penting mereka,” kata Tremblay sebagaimana dilansir RT.

Keputusan untuk mengusir para diplomat itu datang hanya dua hari setelah kepala bantuan PBB Martin Griffiths mengatakan dia berasumsi bahwa kelaparan telah terjadi di wilayah Tigray di Ethiopia. Daerah itu telah menyaksikan 10 bulan perang antara pasukan federal Ethiopia dan pasukan yang setia kepada Front Pembebasan Rakyat Tigray (TPLF).

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini