BMKG: Gempa M3,9 di Sukabumi Dipicu Aktivitas Sesar Cipamingkis

Binti Mufarida, Sindonews · Sabtu 02 Oktober 2021 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 02 525 2480187 bmkg-gempa-m3-9-di-sukabumi-dipicu-aktivitas-sesar-cipamingkis-J79p2cX6Lm.jpg Ilustrasi gempa bumi (Foto: Dokumen Okezone)

JAKARTA, - Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono mengungkapkan gempa dengan magnitudo (M)3,9 yang mengguncang Kabupaten Sukabumi Jawa Barat hari ini merupakan gempa yang dipicu Sesar Cipamingkis.

“Pagi ini Sabtu, 2 Okt 2021 pukul 09:27:04 WIB gempa berkekuatan 3,9 guncang Cipamingkis, Cibuni, Cikaso, Cidolog, Ujung Genteng, dan Ciracap. Melihat lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa ini dipicu oleh aktivitas Sesar Cipamingkis yang menerus ke laut,” ungkap Daryono lewat akun media sosial pribadinya, Sabtu (2/10/2021).

Dari hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini terletak pada koordinat 7.53 LS dan 106.71 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 62 km Tenggara Kab-Sukabumi-Jabar pada kedalaman 26 kilometer.

 (Baca juga: Gempa M3,9 Guncang Kabupaten Sukabumi, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami)

BMKG juga mencatat dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Di Cipamingkis, Cibuni, Cikaso, Cidolog dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), Ujung Genteng, Ciracap dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

(Baca juga: Gempa M3,9 Guncang Sukabumi)

Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. Sementara itu, hingga pukul 09:59 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini