Dubes Australia Kunjungi Jawa Barat, Bahas Kerja Sama IA-CEPA, Pendidikan, dan Teknologi

Vanessa Nathania, Okezone · Rabu 13 Oktober 2021 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 13 18 2485806 dubes-australia-kunjungi-jawa-barat-bahas-kerja-sama-ia-cepa-pendidikan-dan-teknologi-X9Iwu4Up6H.jpeg Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams PMS melakukan kunjungan kerja ke Jawa Barat, 13 Oktober 2021. (Foto: Kedubes Australia Jakarta)

JAKARTA – Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams PMS melakukan kunjungan kerja ke Jawa Barat pada Rabu (13/10/2021).

Dalam kunjungan ini, Dubes Williams menghadiri pertemuan yang juga diikuti oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, pebisnis, pimpinan universitas, dan para pemimpin lainnya untuk membahas kinerja Indonesia dan Australia dalam bidang pendidikan, investasi, ekonomi digital, dan pembangunan berkelanjutan.

BACA JUGA: Dukung Indonesia Hadapi Lonjakan Kasus Covid-19, Australia Kirim Paket Bantuan Kesehatan

“Saya senang memulai kunjungan kerja pertama saya ke Jawa Barat hari ini, untuk mempelajari, sekaligus memperdalam kedekatan antara Jawa Barat dengan Australia,”kata Duta Besar Williams dalam siaran media Kedutaan Besar Australia Jakarta.

“Jawa Barat adalah rumah bagi berbagai pekerjaan baru yang membuka peluang investasi dan kerja sama ekonomi antar negara kita. Hal ini dimungkinkan dengan adanya Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA).

BACA JUGA: Menko Airlangga: RI-Australia Sepakati Investasi Infrastruktur Berkualitas

“Penggerak kegiatan ekonomi ini akan menjadi semakin penting untuk mendukung kemakmuran penduduk Australia dan Indonesia, di saat negara kita tengah berjuang bersama untuk pulih dari pandemi COVID-19.” Lanjutnya.

Dalam pertemuan ini, Dubes Williams juga diagendakan akan bertemu dengan pebisnis Australia di Jawa Barat untuk berdiskusi tentang perluasan ekonomi dan peluang investasi terkait IA-CEPA.

Sedangkan dalam bidang pendidikan, pertemuan ini ditujukan untuk para mitra bertukar informasi terkini mengenai peluang pertukaran pelajar dan kerja sama pendidikan ke depannya, tentunya setelah pulih dari pandemi Covid-19.

Seperti yang diketahui pemerintah Australia sendiri telah mengumumkan tahapan selanjutnya untuk membuka perbatasan internasional dalam beberapa bulan ke depan, termasuk memperluas jenis vaksin yang diakui, salah satunya vaksin Sinovac bagi wisatawan dan pelajar Indonesia yang masuk.

Dubes Williams juga direncanakan bertemu tim inovasi digital Pemerintah Jawa Barat, Jabar Digital Service, dan melakukan pembicaraan terkait pembelajaran peran big data dan inovasi teknologi, yang dilakukan dengan dukungan Australia dalam upaya menangani Covid-19 di Jawa Barat.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini