Balon Udara Penuh Turis Jatuh, Tabrak Kuil Terkenal

Vanessa Nathania, Okezone · Kamis 14 Oktober 2021 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 18 2486208 balon-udara-penuh-turis-jatuh-tabrak-kuil-terkenal-YHTpoZHZGh.jpg Balon udara jatuh menabrak kuil kuno (Foto: Luca Ghilotti)

ITALIA - Rekaman video mengejutkan menunjukkan momen balon udara yang dipenuhi turis menabrak kuil bersejarah di Italia.

Balon itu kehilangan kendali dan jatuh ke tanah saat menabrak tiang batu dari atap dekat Kuil Voltiano di Como pada Senin (11/10) pagi.

Video tersebut menunjukkan kecelakaan balon itu terjadi tak lama setelah lepas landas dan merusak ikon museum berusia 94 tahun, sebelum jatuh ke tanah.

Beberapa saat setelah lepas landas, balon itu terlihat menuju ke arah samping tepatnya ke beberapa pohon sebelum menerobos dedaunan - menjatuhkan cabang dan daun ke tanah.

 (Baca juga: Polisi Identifikasi 5 Orang yang Tewas dalam Kecelakaan Balon Udara)

Tampaknya balon tidak mencapai ketinggian yang cukup ketika pertama kali lepas landas, nyaris tidak bisa melewati puncak pepohonan.

Daily Mail melaporkan keranjang balon kemudian berayun saat menabrak ikon museum berusia 94 tahun dan menyebabkan tiang hancur berjatuhan sekitar lima meter di depan tangga di pintu masuk.

Menurut laporan tidak ada yang terluka dalam insiden itu. Petugas pemadam kebakaran dikerahkan ke tempat kejadian dan berhasil mengamankan area ikon candi.

(Baca juga: Meski Sudah Dilarang, Sejumlah Warga Masih Terbangkan Balon Udara)

Pihak berwenang saat ini sedang menilai kerusakan pada ikon museum yang berharga itu.

"Untuk menjaga warisan artistik Italia, mulai pukul 8.30 pagi, pemadam kebakaran mendatangi Kuil Voltiano di Como untuk mengamankan dekorasi tiang dan beberapa ubin yang hancur oleh balon udara pada 11 Oktober,” cuit Pemadam Kebakaran di Twitter.

Kuil bersejarah ini dirancang oleh Federico Frigerio dan selesai pada 1927 - untuk menghormati salah satu penghuni masa lalu paling berpengaruh di Como, mendiang Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Volta.

Dia hidup dari 1745 hingga 1827 dan dikenal karena menciptakan baterai listrik dan penemuan metana. Dia juga muncul di uang kertas 10 ribu lira yang sudah lawas.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini