Serangan Teroris Norwegia, Korban Dibunuh dengan Benda Tajam, Bukan Panah

Susi Susanti, Okezone · Selasa 19 Oktober 2021 08:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 19 18 2488380 serangan-teroris-norwegia-korban-dibunuh-dengan-benda-tajam-bukan-panah-pQAVhDmQ3v.jpg Polisi berjaga-jaga di tempat kejadian (Foto: Reuters)

NORWEGIA - Polisi di Norwegia mengatakan lima orang yang tewas dalam serangan pekan lalu oleh seorang pria yang membawa busur dan anak panah sebenarnya dibunuh oleh "benda tajam".

Tersangka, Espen Andersen Brathen, juga menembak orang-orang dengan panah di Kongsberg, dekat ibu kota, Oslo.

Tetapi petugas penyelidik mengatakan pada suatu saat dia membuang atau kehilangan busurnya.

Polisi pada Senin (18/10) mengatakan lima orang tewas dengan benda tajam di rumah mereka sendiri maupun di tempat umum. Namun polisi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

(Baca juga: Pria Bersenjatakan Busur dan Anak Panah Tewaskan 5 Orang di Norwegia)

Dalam sebuah pernyataan, polisi mengatakan informasi tentang jenis senjata yang digunakan tidak dapat diberikan karena belum semua saksi diperiksa.

Mereka juga mengatakan bahwa para korban dipilih secara acak, dan sejumlah orang ditembak dengan panah pada awal serangan, tetapi tidak ada yang terbunuh.

Brathen telah mengakui melakukan pembunuhan besar-besaran di Kongsberg pada Rabu (13/10) lalu..

Baca juga: Pelaku Terorisme Serangan Busur dan Anak Panah Hadapi Sidang Penahanan)

Tersangka, seorang mualaf Denmark, sekarang ditahan di fasilitas medis sambil menunggu evaluasi psikiatri, tapi ini bisa memakan waktu beberapa bulan.

"Sejauh menyangkut motif, penyakit tetap menjadi hipotesis utama. Dan sejauh menyangkut konversi ke Islam, hipotesis ini melemah," kata inspektur polisi Per Thomas Omholt kepada wartawan, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Insiden ini adalah serangan terburuk di Norwegia sejak ekstremis sayap kanan Anders Breivik membantai 77 orang satu dekade lalu.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini