Menko Luhut Bertemu Penasihat Keamanan Nasional AS, Ini yang Dibahas

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 19 Oktober 2021 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 19 18 2488501 menko-luhut-bertemu-penasihat-keamanan-nasional-as-ini-yang-dibahas-pOqrc9Q2tR.jpg Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Antara)

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) Jake Sullivan pada Senin (18/10/2021). Dalam pertemuan itu Sullivan menggarisbawahi pentingnya hubungan bilateral AS dan Indonesia.

BACA JUGA: AS dan Indonesia Rayakan Keberhasilan Kerja Sama Atasi Perubahan Iklim dan Pelestarian Alam

Sullivan juga membahas mengenai keterlibatan AS di seluruh Asia Tenggara, serta upaya Washington untuk mempromosikan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka dalam Pemerintahan Biden-Harris, demikian disampaikan Juru Bicara Badan Keamanan Nasional AS, Emily Horne dalam keterangan pers Kedutaan Besar AS Jakarta, Selasa (19/10/2021).

Kedua pejabat membahas upaya-upaya mengatasi krisis iklim, situasi di Burma, dan isu-isu lainnya, termasuk kerja sama mengatasi pandemi Covid-19 dan upaya memperkuat keamanan kesehatan global guna mencegah keadaan darurat kesehatan di masa depan.

BACA JUGA: Luhut Perkirakan Januari 2022 Pandemi Berubah Jadi Endemi, Asalkan...

Sullivan menegaskan bahwa pemerintah AS akan melanjutkan keterlibatan dan kerja sama tingkat tinggi dengan Indonesia dan kawasan untuk mendukung Kawasan Asia Tenggara yang makmur dan stabil.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini