Suriah Eksekusi Mati 24 Orang yang Bakar Hutan, 5 Anak-Anak Dihukum Penjara hingga 12 Tahun

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 22 Oktober 2021 08:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 18 2489937 suriah-eksekusi-mati-24-orang-yang-bakar-hutan-5-anak-anak-dihukum-penjara-hingga-12-tahun-sFBXwtf2qu.jpg Kebakaran hutan di Suriah (Foto: AFP)

SURIAH - Pemerintah Suriah mengatakan telah mengeksekusi mati 24 orang karena sengaja memulai kebakaran hutan yang mematikan tahun lalu.

Kementerian kehakiman mengatakan sebelas lainnya dijatuhi hukuman penjara seumur hidup dan lima anak di bawah umur diberi hukuman penjara antara 10 dan 12 tahun.

Pemerintah menggambarkan mereka sebagai penjahat yang telah melakukan "tindakan teroris".

Mereka diduga mengaku memicu kebakaran di wilayah pesisir pegunungan di negara yang dilanda perang pada September dan Oktober 2020 yang menewaskan tiga orang.

Ketika kebakaran hutan meletus tahun lalu, mereka dikaitkan dengan gelombang panas yang tidak biasa sepanjang tahun, serta angin timur yang hangat dan vegetasi kering di tanah.

Baca juga: Kebakaran Hutan Dahsyat Paksa Evakuasi Ratusan Orang di Spanyol

Otoritas setempat mendokumentasikan total 187 kebakaran hutan di sekitar provinsi Latakia, Tartous, Homs dan Hama yang mempengaruhi 280 kota dan desa, kata kementerian kehakiman. Mereka didakwa menghancurkan 13.000 hektar (32.000 hektar) lahan pertanian dan 11.000 hektar lahan hutan.

Kebakaran hutan di wilayah Mediterania Timur telah menjadi peristiwa tahunan yang berulang karena perubahan iklim, yang meningkatkan risiko cuaca panas dan kering yang kemungkinan akan memicu kebakaran tersebut.

Baca juga: Deretan Kebakaran Hutan Hebat di Berbagai Negara, Puluhan Nyawa Melayang

Kelompok hak asasi manusia (HAM) percaya bahwa ribuan orang telah dieksekusi oleh pemerintah Presiden Bashar al-Assad sejak perang saudara dimulai pada 2011.

Penyelidik kejahatan perang Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan dalam sebuah laporan baru-baru ini bahwa mereka telah diberitahu oleh saksi mata tentang pembunuhan tahanan tanpa pengadilan atau mengikuti pengadilan yang tidak adil oleh kontra-terorisme atau pengadilan militer lapangan.

Seperti diketahui, suhu di dunia terus meningkat sekitar 1,2 derajat Celcius sejak era industri dimulai dan suhu akan terus meningkat kecuali pemerintah di seluruh dunia melakukan pemotongan tajam terhadap emisi.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini