Tingkatkan Minat Baca, MNC Peduli Dirikan Fasilitas PAUD di Salatiga

Angga Rosa (Koran Sindo), Koran SI · Senin 25 Oktober 2021 13:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 512 2491287 tingkatkan-minat-baca-mnc-peduli-dirikan-fasilitas-paud-di-salatiga-LQQbKUULYs.jpg foto: ist

SALATIGA - Saat ini minat baca penduduk Indonesia masih sangat rendah. Karena masih kurangnya akses membaca seperti perpusatakaan atau rumah baca.

(Baca juga: Potensial, MNC Peduli Dukung Pelatihan Pengolahan Buah Salak)

Hal inilah yang mendorong MNC Peduli memberikan bantuan berupa peralatan dan fasilitas untuk rumah baca di PAUD Madanatul Ula, Tingkir Lor, Kota Salatiga pada Rabu, 20 Oktober 2021.

Bantuan yang diberikan MNC Peduli berupa matras, meja lipat, rak buku, krayon, pensil warna, buku gambar untuk menunjang fasilitas rumah baca pada PAUD yang diresmikan pada tahun 2014 tersebut.

Rumah Baca yang didirikan oleh PAUD Madanatul Ula ini dibuka setiap hari untuk anak-anak sekitar tanpa pungutan biaya apapun. Bahkan, murid yang bersekolah di PAUD Mandanatul Ula pun hanya perlu membayar sukarela.

Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo mengatakan, ini merupakan satu upaya MNC Peduli untuk mendongkrak minat baca anak Indonesia. “Semoga dengan adanya fasilitas rumah baca yang nyaman, anak-anak semakin semangat untuk membaca,” katanya.

Jessica juga menyampaikan, bahwa dengan membiasakan budaya membaca semenjak dini dapat memberikan dampak positif bagi anak.

“Membaca membuat anak akan lebih kaya informasi dan ilmu bahkan dapat memberi berbagai macam perspektif baru, sehingga dapat membantu anak dalam berpikir lebih luas dan membantu pembentukan karakter yang lebih baik,” ungkapnya.

Sementara itu, pengurus rumah baca di PAUD Madanatul Ula, Tingkir Lor, Kota Salatiga Himmatul Aliyah (47) mengatakan, rumah belajar ini sudah berjalan kurang lebih hampir 25 tahun. Selama ini, berjalan tanpa konsep. "Jadi selama ini kami berjalan mengalir begitu saja. Dan rumah belajar ini menjadi pusat kegiatan anak-anak," terangnya.

Dia menjelaskan, awal mula berdirinya rumah belajar ini berawal dari kegiatan mengaji. Kemudian berkembang menjadi tempat belajar dan kegiatan anak-anak mulai dari usia dua tahun hingga remaja.

"Dulu kakak saya itu seorang guru TK. Jadi terbiasa dengan anak-anak. Dan yang menjadi motivasi saya untuk mengelola rumah belajar ini, hanya saya ingin bermanfaat bagi orang lain," ucapnya.

Himmatul Aliyah mengucapkan terimakasih atas bantuan berupa sarana dan peralatan penunjang pendidikan yang diberikan MNC Peduli kepada rumah baca ini. Bantuan ini sangat bermanfaat anak-anak dan menunjang kelangsungan rumah belajar ini.

"Selama ini, kami melayani anak-anak dengan fasilitas yang terbatas. Memang kemampuan kami sangat terbatas," pungkasnya.

MNC Peduli merupakan wadah kegiatan sosial dari MNC Group dan seluruh unit usaha yang terafiliasi. Dalam menjalankan visi-misi, #mncpeduli melaksanakan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat khususnya prasejahtera dan terdampak bencana.

Tiga pilar utama yang dijalankan yaitu sosial, kemanusiaan, dan keagamaan, termasuk di dalamnya yang terkait dengan pendidikan, lingkungan, dan pembangunan infrastruktur. Simak pula aktivitas dan inspirasi kepedulian serta solidaritas yang diusung MNC Peduli di website mncpeduli.org.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini