Menlu China Akan Bertemu Pemerintah Sementara Taliban, Bahas Situasi di Afghanistan

Antara, · Selasa 26 Oktober 2021 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 26 18 2491750 menlu-china-akan-bertemu-pemerintah-sementara-taliban-bahas-situasi-di-afghanistan-J0k0QtQOoG.jpg Menlu China Wang Wenbin (Foto: Antara/Reuters)

BEIJING - Kementerian Luar Negeri China pada Senin (25/10) mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri sekaligus anggota Dewan Negara Wang Yi akan menemui delegasi pemerintah sementara Afghanistan Taliban selama kunjungan ke Qatar pada 25-26 Oktober.

"Kedua belah pihak akan bertukar pandangan mengenai situasi di Afghanistan dan isu-isu yang menjadi "keprihatinan bersama"," terang juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin usai konferensi pers di Beijing.

"Sebagai mitra sekaligus tetangga baik Afghanistan, China selalu menganjurkan dialog dan kontak untuk mengarahkan perkembangan positif situasi di Afghanistan," katanya.

Baca juga: Taliban Menangkan Dukungan Bantuan Keuangan, AS dan Sekutu Harus Membayar

Pada pertengahan Agustus pemerintah Afghanistan runtuh saat Amerika Serikat dan sekutu membawa pulang pasukan mereka setelah 20 tahun menginvasi negara tersebut, membawa Taliban mengambil alih kekuasaan melalui serangan kilat.

Sebulan sebelumnya, delegasi Taliban bertemu dengan Wang Yi di Kota Tianjin, China utara.

Baca juga: Pemimpin Taliban yang Diburu AS Puji Pelaku Bom Bunuh Diri

Semenjak itu China menjanjikan bantuan kepada negara tetangganya tersebut, seraya menuntut Taliban agar menindak keras Gerakan Islam Turkistan Timur, sebuah kelompok yang dianggap Beijing mengancam stabilitas di kawasan barat Xinjiang.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini