Tanah Longsor Timbun Jalur Alternatif Magelang - Temanggung

Angga Rosa (Koran Sindo), Koran SI · Kamis 28 Oktober 2021 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 512 2492944 tanah-longsor-timbun-jalur-alternatif-magelang-temanggung-lj497a5zD4.jpg Tanah longsor di jalur alternatif Magelang-Temanggung (Foto: Angga Rosa)

MAGELANG - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang pada Rabu 27 Oktober 2021 sore mengakibatkan tebing di Dusun Tinjumoyo, Desa Umbulsari longsor. Material longsor menutup jalur alternatif Magelang - Temanggung sehingga jalan tidak bisa dilewati kendaraan bermotor.

Informasi yang dihimpun, Kamis (28/10/2021) menyebut, tebing setinggi 3 hingga 10 meter longsor lantaran tergerus arus air hujan yang cukup deras. Ketebalan material tanah longsor mencapai 1 hingga 2 meter.

"Panjang jalan yang tertutup longsoran tanah sepanjang sekitar 15 meter. Jalan tidak bisa dilewati kendaraan roda empat maupun roda dua karena tanah yang menutup jalan sangat tebal," kata Supri warga Windusari.

Baca Juga:  Satu Korban Tanah Longsor di Areal Tambang Ditemukan

Selain menutup jalan, material longsoran juga megakibatkan satu tiang listrik miring. Setelah kejadian, sejumlah warga, relawan dan petugas BPBD, TNI, PolriI langsung melakukan penanganan. Namun sekitar pukul 18.15 WIB penanganan dihentikan karena terjadi pergerakan tanah dan kondisi di lokasi kembali terjadi hujan.

Saat itu, atas tebing juga masih terdapat sumber air dan bisa memicu terjadi longsor susulan. Penanganan dilanjutkan hari ini.

Baca Juga: Material Longsor Dibersihkan, Jalur Penghubung Antar Kecamatan di Pekalongan Kini Bisa Dilintasi

 

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini