FBI Diduga Diretas, 100.000 Email Dikirim dari Server Internal

Susi Susanti, Okezone · Minggu 14 November 2021 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 14 18 2501482 fbi-diduga-diretas-100-000-email-dikirim-dari-server-internal-Hl26pC9B51.jpg FBI diduga diretas (Foto: Yahoo)

WASHINGTON – Biro Investigasi Federal (FBI) telah meluncurkan penyelidikan setelah ribuan pesan email palsu dikirim dari salah satu servernya yang memperingatkan kemungkinan serangan siber.

Badan pemerintah mengatakan insiden pada Sabtu (13/11) pagi adalah bagian dari "situasi yang sedang berlangsung", tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Pesan-pesan itu diduga berasal dari Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat (AS). Pesan-pesan itu mengklaim sebagai peringatan tentang ancaman yang seharusnya dan diberi judul: "Mendesak: Aktor ancaman dalam sistem."

Menurut pengawas anti-spam nirlaba Spamhaus, email tersebut memberi tahu penerima bahwa mereka adalah target "serangan berantai canggih" dari kelompok pemerasan yang dikenal sebagai Dark Overlord.

Baca juga: FBI: Pembunuhan di AS Naik Hampir 30%

"Mereka menyebabkan banyak gangguan karena tajuk itu nyata, mereka benar-benar berasal dari infrastruktur FBI," tweeted Spamhaus, menambahkan bahwa mereka tidak menyertakan nama atau informasi kontak dari pengirim.

Menurut laporan media AS, lebih dari 100.000 email telah dikirim. Dalam sebuah pernyataan pada Sabtu (13/11), FBI mengatakan "mengetahui insiden pagi ini yang melibatkan email palsu dari akun email @ic.fbi.gov".

Baca juga: FBI Rilis Dokumen Penyelidikan Serangan 9/11, Arab Saudi Bantah Terlibat 

Badan tersebut mengatakan perangkat keras yang terpengaruh dengan cepat dimatikan setelah masalah terdeteksi dan memperingatkan publik untuk "berhati-hati terhadap pengirim yang tidak dikenal" dan untuk melaporkan aktivitas mencurigakan kepada pemerintah.

Belum jelas apakah email-email itu dikirim oleh seseorang dengan akses yang jelas ke server FBI atau ada peretas yang terlibat.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini