Menlu Prancis Kunjungan Resmi ke RI, Apa yang Dibahas?

Antara, · Rabu 24 November 2021 05:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 18 2506471 menlu-prancis-kunjungan-resmi-ke-ri-apa-yang-dibahas-et3EkCItCz.jpg Menlu Prancis Jean Y-ves Le Drian (Foto: Reuters)

JAKARTA - Menteri Eropa dan Luar Negeri Prancis, Jean-Yves Le Drian, melakukan kunjungan resmi ke Indonesia pada 23 dan 24 November. Ini menjadi kunjungan pertama ke kawasan Asia Tenggara sejak awal merebaknya pandemi Covid-19.

Dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar Prancis yang diterima di Jakarta, Selasa (23/11), menyatakan Jean-Yves Le Drian akan mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo dan menegaskan kembali komitmen Prancis di kawasan Indo-Pasifik.

“Lawatan ini menunjukkan minat Prancis yang besar terhadap Indonesia, serta keinginannya untuk memberi momentum baru bagi hubungan bilateral yang didasari oleh kemitraan strategis antara kedua negara yang diluncurkan pada tahun 2011. Kunjungan ini juga menegaskan komitmen Prancis terhadap ASEAN,” terang pernyataan Kedubes Prancis.

 Baca juga: Menlu Prancis Tuding Taliban Berbohong Soal Pemerintahan Baru

Dia juga akan menyatakan keinginan Prancis untuk membangun kemitraan berkelanjutan dengan Indonesia, sebagai negara yang berada di jantung strategi Prancis di wilayah Indo-Pasifik.

Pertemuan juga akan dilakukan dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi untuk melakukan konsultasi politik di tingkat menteri.

Baca juga: Menlu AS dan Prancis Bahas Aktivitas Militer Rusia di Perbatasan Ukraina

Pihak Indonesia dan Prancis, dalam rangkaian kunjungan tersebut, akan menandatangani rencana aksi kerja sama yang akan memperkuat kemitraan kedua negara di bidang-bidang kerja sama yang telah terjalin termasuk keamanan, multilateralisme, dan kemaritiman.

Sementara itu, bidang-bidang baru yang akan dijalin mencakup bidang kesehatan dan digital.

Selain bertemu Presiden dan Menlu RI, dia juga akan bertemu dengan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, di mana keduanya akan mengumumkan secara khusus edisi pertama dialog kemaritiman Prancis dan Indonesia, serta bertemu dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Lebih lanjut, Le Drian dijadwalkan untuk menyampaikan pidato berjudul ‘Prancis di Indo-Pasifik’ di sebuah konferensi yang digelar pada 24 November oleh CSIS serta bertemu dengan Sekretaris Jenderal ASEAN Dato Lim Jock Hoi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini