Ratusan Personel Amankan 200 Pilkades, Kapolda Sumut: Jangan Berantem Lae

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 24 November 2021 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 340 2506742 ratusan-personel-amankan-200-pilkades-kapolda-sumut-jangan-berantem-lae-N9waWnv1HY.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA – Ratusan personel polisi dari Polda Sumatera dikerehkan untuk memantau sekaligus mengamankan 200 gelaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumut.

Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Panca Putra Simanjuntak memastikan jalannya pelaksanaan Pilkades di 200 desa di Taput berlangsung aman, tertib dan lancar. Jenderal bintang dua itu meminta masyarakat pendukung para calon kepala desa agar tetap menjaga kekondusifan.

"Para pendukung calon kepala desa jangan sampai berantem ya Lae, Karena saya yakin kalian semua masih ada hubungan kekerabatan," kata Panca, Rabu (24/11/2021).

Panca menekankan pentingnya menciptakan suasana aman dan tertib di tengah pelaksanaan Pilkades yang saat ini sedang berlangsung.

"Pilkades ini perlu disukseskan seluruh masyarakat, supaya terpilih kades yang mampu mewakili seluruh masyarakat. Siapapun pemenangnya tidak perlu bereuforia yang berlebihan," ujar Panca.

Dalam kondisi Pandemi Covid-19 saat ini, Panca juga meminta pendukung dan Kades terpilih tidak menggelar kegiatan euforia yang bisa menimbulkan kerumunan tak terkendali. Ia juga memastikan selama berlangsungnya Pilkades tetap mematuki protokol kesehatan.

"Tadi saya juga sudah cek soal penerapan protokol kesehatan, semuanya dilaksanakan. Meski Covid-19 sudah agak menurun, tidak perlu euforia," ucap Panca.

Baca Juga : Pasutri Rebutan Kursi Kepala Desa, Sang Istri Malah Minta Warga Pilih Suaminya

Terkait penambahan jumlah personel yang diterjunkan dari sebelumnya sebanyak 344 orang menjadi 944 personil dari BKO Poldasu, dan Brimob untuk pengamanan Pilkades serentak di Taput, Kapolda Sumut mengatakan hal tersebut merupakan penilaian atas aspek pengamanan, sehingga empat personel kepolisian bersama TNI dan Satpol PP disiagakan mengamankan kondisi di setiap desa.

"Sebenarnya bukan penambahan, itu strategi polisi bersama TNI. Bagaimana masyarakat itu bebas dan siap untuk mengikuti pelaksanaan Pilkades," jelas Panca.

Dia menjelaskan, Taput merupakan satu dari tujuh kabupaten/kota yang menggelar pilkades serentak hingga Desember mendatang. 22 November 2021 lalu, pilkada di 85 desa digelar di Kabupaten Humbahas. Pilkades juga akan digelar di 106 desa di Kabupaten Dairi tanggal 25 November 2021. Tanggal 30 November 2021, pilkades akan digelar di 11 desa, Kabupaten Tanah Karo.

Kemudian tanggal 7 Desember 2021, pilkades serentak akan digelar di 30 di Kabupaten Pakpak Bharat. Lalu tanggal 15 Desember 2021 pilkades akan digelar di 41 desa di Kabupaten Toba. Dan terakhir tanggal 20 Desember sebanyak 85 desa di Kabupaten Tapteng.

"Pada rangkaian kegiatan itu, Polda Sumut melaksakan BKO personel ke jajaran polres melalui pengamanan kegiatan Ops Mandiri Kewilayahan Mantap Huta Toba-2021, di 7 kab/kota. Saya sendiri meninjau langsung semua kegiatan itu," tutup Panca.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini