Kebocoran di PLTN Spanyol Tewaskan 1 Orang, 3 Lainnya Dilarikan ke RS

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 25 November 2021 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 25 18 2507371 kebocoran-di-pltn-spanyol-tewaskan-1-orang-3-lainnya-dilarikan-ke-rs-V34cSJDTdr.jpg PLTN Asco dan desa yang berada di sekitarnya. (Foto: Reuters)

BARCELONA - Seorang pekerja tewas dan tiga lainnya dirawat di rumah sakit setelah terjadi kebocoran karbon dioksida di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Ascó di Catalonia, Spanyol. Pihak berwenang setempat mencurigai adanya kelebihan aliran listrik dalam sistem proteksi kebakaran pabrik.

Tujuh unit pemadam kebakaran dan empat kendaraan darurat medis dikerahkan ke Ascó pada Rabu (24/11/2021) malam sekira pukul 19.00 waktu setempat. Kru darurat mengamankan fasilitas dan mengevakuasi korban.

BACA JUGA: Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir China Diduga Bocor, Munculkan Kekhawatiran Terjadinya "Chernobyl Kedua"

Sistem pemadam kebakaran di pabrik “mengalami kebocoran CO2 yang telah mempengaruhi empat orang,” kata pihak berwenang Catalan sebagaimana dilansir RT.

BACA JUGA: PLTN di RI Ditargetkan Beroperasi pada 2049

Salah satu pekerja yang terkena dampak telah meninggal, sementara tiga lainnya saat ini berada di rumah sakit di dekat Móra d'Ebre. 

Tidak ada pelepasan radiasi dari insiden itu, menurut pabrik dan pihak berwenang setempat. PLTN Ascó telah diselidiki untuk kebocoran radiasi di reaktor Unit 1 pada November 2007, yang mengakibatkan pemecatan direkturnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini