Kesaksian Warga Detik-Detik Longsor Timbun 6 Wisatawan di Gianyar

Ketut Catur Kusumaningrat, iNews · Kamis 25 November 2021 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 25 340 2507440 kesaksian-warga-detik-detik-longsor-timbun-6-wisatawan-di-gianyar-wT2yZO0BcU.jpg Proses evakuasi korban longsor di Gianyar, Bali (Foto: Ketut Catur Kusumaningrat)

GIANYAR - Enam wisatawan yang hendak melaksanakan rafting di Sungai Ayung wilayah Banjar Begawan, Desa Melinggih Kelod, Kecamatan Payangan, Gianyar tertimbun longsor pada Kamis (25/11/2021) sore.

Menurut kesaksian seorang warga, Ketut Patrung yang ikut melaksanakan evakuasi pertama kali mengatakan, bahwa enam wisatawan tersebut awalnya hendak melakukan kegiatan rafting di Sungai Ayung.

Baca Juga:  6 Wisatawan Tertimbun Longsor saat Rafting: 3 Selamat, 2 Meninggal dan Satu Orang Hilang

Wisatawan tersebut awalnya turun ke arah sungai dengan menuruni ratusan anak tangga, sesampainya di sungai dilihat arus cukup deras karena sempat terjadi hujan deras di wilayah ini.

Para wisatawan ini akhirnya memutuskan untuk batal melakukan kegiatan rafting tersebut. Enam orang wisatawan tersebut akhirnya memutuskan kembali naik ke atas dengan menaiki ratusan anak tangga dari bawah sungai di pertengahan jalan mereka dikatakan sempat beristirahat.

Ketika beristirahat, tiba-tiba lereng Sungai Ayung setinggi ratusan meter tiba-tiba longsor. Enam orang wisatawan tersebut tertimbun, beruntung tiga wisatawan berhasil selamat, dua orang wisatawan ditemukan meninggal dunia, serta satu wisatawan masih belum ditemukan.

Korban saat ini dievakuasi ke Rumah Sakit Payangan, sedangkan identitas korban sampai saat ini belum jelas. Dari enam wisatawan yang menjadi korban, dua di antaranya merupakan warga negara asing.

Baca Juga: Longsor di Aceh, 1 Orang Tertimbun Masih dalam Pencarian

Hingga pukul 17.40 Wita, petugas gabungan masih melaksanakan upaya evakuasi di lereng Sungai Ayung untuk mencari satu korban lainnya yang masih tertimbun. Medan yang sangat sulit dan terjal menghambat upaya evakuasi.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini