Dua Kelompok Pemuda Bentrok, 1 Orang Tewas Ditusuk

Agung Bakti Sarasa, Koran SI · Sabtu 27 November 2021 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 27 340 2508419 dua-kelompok-pemuda-bentrok-1-orang-tewas-ditusuk-9ja35dBiOi.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

BANDUNG - Dua kelompok pemuda terlibat bentrokan di Jalan Belitung, Kota Bandung, Jawa Barat. Dalam peristiwa itu satu orang tewas ditusuk, pada 10 Oktober 2021 sekitar pukul 23.45 WIB.

Kejadian melibatkan kelompok pemuda yang juga pelaku penusukan, yakni VS (19), IA (18) dan S (22) kelompok pemuda lainnya yang menjadi korban, yakni MI (15) dan TM (16). Peristiwa yang terjadi itu bermula saat kelompok pelaku bertemu kelompok korban yang tengah ngopi dan nongkrong.

Baca juga:  Horor! 5 Fakta Ribuan Anggota Ormas Bentrok di Karawang Memakan Korban Jiwa

Kapolsek Bandung Wetan, Kompol Asep Saepudin, mengungkapkan, berdasarkan pengakuan pelaku VS, peristiwa itu bermula saat VS meminjam jarum kepada korban untuk membuka SIM card ponselnya.

"Namun, korban mengaku tak memilikinya, korban lainnya mengatakan bahwa yang ada hanya tusuk sate," ungkap Asep, Sabtu (27/11/2021).

Baca juga:  Brutalnya Bentrok Ormas Karawang, Korban Dipukuli hingga Polisi Tidak Kuasa Mencegah

Mendapati barang yang diinginkannya tidak ada, VS kemudian mencoba pergi meninggalkan korban. Namun, saat akan pergi, VS tak sengaja menendang gelas kopi milik korban hingga kedua kelompok itu bersitegang.

"Sebelumnya, dua kelompok ini juga memang pernah bersitegang di beberapa titik di Kota Bandung, sehingga berlanjut ke situ," ucapnya.

Cekcok mulut antara pelaku dan korban pun tak terhindarkan hingga mereka terlibat perkelahian. Korban MI dan TM berupaya menyelamatkan diri dengan meninggalkan kelompok lawannya itu berboncengan menggunakan sepeda motor.

Namun, nahas bagi korban, para pelaku mengejarnya dan memepet sepeda motor korban di kawasan Jalan Aceh, tak jauh dari Taman Musik. Di lokasi tersebut, mereka kembali terlibat perkelahian.

"VS berantem dengan MI dibantu oleh IA dan S hingga terjadilah penusukan terhadap MI sebanyak tiga kali," kata Asep.

Melihat temannya dikeroyok dan ditusuk para pelaku, korban TM berupaya membantu dan melawan para pelaku. Namun, TM malah ikut dikeroyok dan ditusuk juga.

Akibat tusukan benda tajam jenis pisau itu, korban MI meninggal dunia dengan luka tusuk di bagian dada dan punggung. Sedangkan nyawa TM berhasil diselamatkan meski babak belur dan menderita luka di dada kanannya.

"Korban (MI) meninggal saat dibawa ke rumah sakit, sedang korban TM bisa di selamatkan," ucapnya.

Polisi yang mendapati laporan peristiwa tersebut kemudian melakukan penyelidikan. Berdasarkan hasil penyelidikan dan rekaman kamera pengawas (CCTV) di sekitar lokasi kejadian, polisi berhasil menangkap para pelaku 24 Oktober 2021 di kediamannya masing-masing.

Dalam penangkapan tersebut, polisi menyita sejumlah barang bukti berupa sarung pisau, dua stik, dan pakaian yang dikenakan para pelaku saat peristiwa itu terjadi.

"Pisau itu disiapkan dari rumah untuk jaga-jaga, sehingga mereka gunakan pisau itu," ujar Asep.

Asep menambahkan, para pelaku tercatat sebagai warga Pasir Koja, Kota Bandung. Dari ketiga pelaku, ada yang masih sekolah dan putus sekolah.

"Akibat perbuatannya, para tersangka ini dijerat Pasal 338 jo 170 ayat (2) ke 3e KUH pidana dengan ancaman penjara 15 tahun," katanya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini