Share

Baru Diguyur Hujan 2 Jam, Jalan Protokol di Malang Kebanjiran

Avirista Midaada, Okezone · Rabu 01 Desember 2021 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 340 2510334 baru-diguyur-hujan-2-jam-jalan-protokol-di-malang-kebanjiran-lPpRUHA5e2.jpg Banjir di jalan protokol Malang (foto: MNC Portal/Avirista)

KOTA MALANG - Hujan deras yang mengguyur Kota Malang hampir dua jam membuat sejumlah jalan protokol banjir. Genangan air banjir terlihat di beberapa daerah misalnya di kawasan sekitar Pasar Besi, Kota Malang.

Terlihat Jalan Peltu Sujono, Kelurahan Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, Kota Malang, tergenang air hingga ketinggian 10 - 60 sentimeter dengan panjang jalan kurang lebih 300 meter, sekitar pukul 14.00 WIB, pada Rabu siang (1/12/2021). Titik terparah tepat berada di tikungan depan Pasar Besi yang mencapai ketinggian hingga 60 sentimeter, dengan panjang sekitar 300 meter

Tak ayal banjir ini membuat beberapa kendaraan bermotor, utamanya sepeda motor yang nekat melintasi mogok. Pantauan MNC Portal di lokasi, beberapa pemotor terpaksa menuntut kendaraannya lantaran mogok. Beberapa di antaranya terpaksa memutar balik, mencari jalan lain menghindari banjir.

Baca juga:  Puluhan Rumah Terdampak Banjir Bandang di Kudus, Tim Gabungan Bantu Bersih-Bersih

Alhasil kemacetan pun tak terhindarkan baik dari sisi utara maupun selatan Jalan Peltu Sujono. Para pengemudi baik sepeda motor maupun mobil dibantu warga sekitar diarahkan untuk memutar balik, demi menghindari banjir.

Seorang warga sekitar Dwi Isnawati menyatakan, banjir di sekitar Jalan Peltu Sujono memang sudah sering berlangsung setiap hujan deras lebih dari satu jam. Konstruksi jalan yang rendah dengan saluran air sempit menjadikan air sulit masuk.

"Setiap hujan deras kayak gini, sudah langganan. Saya tujuh tahun di sini ya banjirnya segitu. Terganggu juga mau lewat nggak bisa," ucap pedagang makanan di sekitar Pasar Besi.

 Baca juga: Banjir di Luwu Utara Surut, Sawah Seluas 500 Hektare Terdampak

Sementara itu, satpam pabrik sekitar Pasar Besi David menyebut, banjir kali ini memang sedikit lebih tinggi. Apalagi saat hujan deras sekitar pukul 13.00 WIB, air bahkan mencapai ketinggian 60 sentimeter.

"Sudah dari jam 1 siang tadi saat hujan deras. Di sini sudah langganan tapi ini tadi cukup tinggi. Sampai selutut orang dewasa. Makanya tadi banyak motor yang mogok, dan terpaksa menuntut saat lewat," kata dia.

Tak hanya di kawasan Jalan Peltu Sujono saja, jalan di kawasan sekitar Stasiun Malang Kota Lama juga tergenang air. Air bahkan menutupi perlintasan kereta api tepat di bawah Jembatan Flyover Kota Lama, dan membuat arus lalu lintas tersendat. Di sini ketinggian air mencapai 50 sentimeter.

Beberapa titik jalan lain seperti Jalan Ki Ageng Gribig di sekitar Gang 1 juga tergenang. Genangan air membuat kendaraan memelankan lajunya hingga menimbulkan kemacetan satu kilometer menjelang traffic light. Hal ini diperparah dengan banyaknya jalan yang berlubang akibat genangan air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini