Gunung Semeru Meletus, BPBD Lumajang Siapkan Titik Pengungsian

Avirista Midaada, Okezone · Sabtu 04 Desember 2021 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 04 340 2511938 gunung-semeru-meletus-bpbd-lumajang-siapkan-titik-pengungsian-V4nleh2DJn.jpg Gunung Semeru meletus (Foto: ist)

LUMAJANG - Pasca-erupsi Gunung Semeru, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang menyiapkan sejumlah titik pengungsian. Lokasi pengungsian disiapkan sebagai langkah dasar saat kondisi darurat diberlakukan. 

Menurut Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi, titik pengungsian di SD Supit Urang disiapkan bagi warga yang berada di Sumbersari, Supit Urang di Kecamatan Pronojiwo.

"Kemudian, warga di Curah Kobokan diungsikan di Kamar Kajang. Sebagian kita ungsikan di Desa Sumbermujur," kata Wawan saat dikonfirmasi MNC Portal, pada Sabtu petang (4/11/2021).

Baca Juga:  Gunung Semeru Meletus, BNPB: Belum Ada Laporan Jatuhnya Korban

Namun, Wawan belum dapat memberikan informasi detail mengenai dampak erupsi yang terjadi. Pasalnya, tim BPBD dan sejumlah instansi terkait masih bekerja di lapangan untuk mengumpulkan data dan asesmen.

"Kami belum datanya tim masih di lapangan, nanti akan kami sampaikan lebih lanjut," tuturnya.

Wawan memastikan, awan panas guguran Gunung Semeru terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Ia juga tidak merasakan adanya gempa saat erupsi terjadi. Namun, dia meyakini alur erupsi tidak jauh berbeda dengan kejadian tahun lalu.

"Alurnya pun sama, cuma kita menjaga segala kemungkinan. Karena gunung berapi kan fluktuatif, kita nggak tahu nanti malam gimana. Tapi tim sudah geser ke sana untuk memberi pendampingan ke masyarakat supaya lebih aman," tuturnya.

Baca Juga:  Foto-foto Dahsyatnya Letusan Gunung Semeru

Sebelumnya diberitakan, Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang mengalami erupsi sekitar pukul 15.00 WIB. Awan panas keluar dan mengarah ke Besuk Kobokan sejauh 10 - 11 kilometer dari kawah Gunung Semeru.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini