Menlu AS Antony Blinken Akan Kunjungi Indonesia 13-14 Desember

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 07 Desember 2021 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 18 2513117 menlu-as-antony-blinken-akan-kunjungi-indonesia-13-14-desember-va8RBk0qKm.jpg Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken akan mengunjungi Indonesia dan Malaysia pekan depan. Kunjungan itu dilakukan di saat pemerintahan Presiden Joe Biden tengah meningkatkan keterlibatan di Asia Tenggara dalam upaya membendung pengaruh China.

Dirjen Amerika dan Eropa Kemlu RI I Gede Ngurah Swajaya pada Senin (6/12/2021) mengatakan bahwa Blinken akan mengunjungi Jakarta pada 13-14 Desember 2021. Dia akan menjadi pejabat AS ketiga, dan paling senior yang mengunjungi Asia Tenggara dalam dua bulan terakhir.

BACA JUGA: Indonesia dan AS Gelar Dialog Strategis Pertama, Bahas Isu Kesehatan Hingga Kawasan

Sementara dua sumber diplomatik Asia Tenggara, yang tidak mau disebutkan namanya, mengatakan Blinken juga diperkirakan akan mengunjungi Malaysia pada 14-15 Desember, demikian diwartakan Reuters. 

Ngurah Swjaya mengatakan bahwa dalam kunjungannya ke Indonesia, Blinken akan menyampaikan pidato tentang kesehatan, investasi, dan infrastruktur di Indo-Pasifik. Diplomat AS itu juga akan berpartisipasi secara virtual di Bali Democracy Forum pada 9 Desember

BACA JUGA: Menlu AS Puji Kepemimpinan Indonesia di ASEAN

Tidak segera jelas apakah Blinken akan mengunjungi negara-negara lain di Asia Tenggara.

Pada pertemuan dengan para menteri luar negeri Asia Tenggara di sela-sela Sidang Umum PBB pada bulan September, Blinken mengatakan Washington akan segera merilis strategi baru untuk kawasan Indo-Pasifik yang lebih luas, yang akan membangun "di atas visi bersama kami untuk kebebasan, terbuka, wilayah yang saling terhubung, tangguh, dan aman.”.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini