Share

Pria Ini Ditangkap Polisi 5 Kali dalam 3 Hari karena Wajahnya yang Mirip Buronan

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 08 Desember 2021 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 08 18 2513851 pria-ini-ditangkap-polisi-5-kali-dalam-3-hari-karena-wajahnya-yang-mirip-buronan-miHsPIlzCj.jpeg Foto: Oddity Central.

BEIJING - Seorang pria China baru-baru ini mengalami pekan terburuk dalam hidupnya setelah dia ditangkap lima kali hanya dalam waktu tiga hari karena wajahnya yang sangat mirip dengan seorang pelarian penjara.

BACA JUGA: Pembelot Korut Kabur dari Penjara, China Tawarkan Rp325 Juta Bagi Warga yang Menemukan

Pada Oktober 2021, seorang penjahat bernama Zhu Xianjian berhasil melarikan diri dari penjara di Provinsi Jilin, China timur laut. Pihak berwenang segera melakukan perburuan, namun setelah menghabiskan waktu dan sumber daya, mereka akhirnya menawarkan hadiah 150.000 yuan (sekiraRp330 juta), yang kemudian dinaikkan menjadi 700.000 yuan (Rp1,5 milar), bagi penangkapan Zhu.

Hadiah ini menjadikan Zhu target berharga bagi masyarakat di Jilin, dimana pendapat bulanan rata-ratanya hanya 2.000 yuan (Rp4,5 juta). Ini menjadi awal petaka bagi pria kembaran Zhu, yang namanya tidak disebutkan, karena menyebabkan dia ditangkap polisi tidak kurang dari lima kali dalam tiga hari, demikian diwartakan Oddity Central.

BACA JUGA: {embelot Korut Ditangkap Setelah 40 Hari Buron dari Penjara China

Surat kabar Global Times baru-baru ini melaporkan kisah pria asal Kota Baicheng itu, yang lima kali dilaporkan ke polisi karena kemiripannya dengan Zhu Xianjian. Rekaman video menunjukkan pria yang mengenakan jaket biru di sebelah foto penjara Zhu, dan tidak dapat disangkal bahwa keduanya terlihat sangat mirip.

Malang bagi pria itu, foto Zhu dan hadiah uang yang ditawarkan oleh pihak berwenang untuk informasi tentang keberadaannya menjadi berita utama di stasiun TV di seluruh Provinsi Jilin, membuatnya menjadi target berjalan. Fakta bahwa dia memiliki fitur wajah yang sama dan bahkan potongan rambut yang sama dengan Zhu juga tidak banyak membantu.

Untungnya, mimpi buruk pria itu berakhir pada 28 November, ketika Zhu Xianjian akhirnya ditangkap oleh polisi. Selama masa penderitaan ini, warganet China merekomendasikan agar dia memakai kart identitasnya di lehernya setiap saat.

Dengan hanya dua tahun tersisa dari hukuman penjara sebelas tahun, Zhu sekarang kemungkinan akan dijatuhi tambahan masa hukuman setelah upaya pelariannya itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini