Share

5 Gembong Narkoba Terkaya di Dunia, Nilainya Ada yang Capai Rp500 Triliun

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Kamis 09 Desember 2021 07:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 18 2514202 5-gembong-narkoba-terkaya-di-dunia-nilainya-ada-yang-capai-rp500-triliun-xTHiBifFLI.jpg Gembong narkoba terkaya di dunia, salah satunya Pablo Escobar (Foto: Reuters)

BOGOTANarkoba menjadi bisnis yang menjanjikan di beberapa negara. Salah satu negara yang terkenal akan perdagangan narkobanya yang hebat adalah Meksiko.

Mereka kerap beraksi sangat rapih dan profesonal, sehingga sulit dideteksi dan ditangkap. Para bos narkoba ini meraup banyak pundi-pundi dan bergelimang harta. Kendati demikian, nyawa mereka kerap menjadi taruhan. Berikut daftar gembong narkoba dengan nilai kekayaan merea diolah dari berbagai sumber.

1. Dawood Ibrahim Kaskar

Kekayaan Kaskar mencapai USD6,7 miliar (Rp96 Triliun). Kaskar berasal dari Mumbai, India. Dia mendirikan D-Company, sindikat kejahatan yang terorganisir di India.

Kerajaan kriminalnya tersebar di India, Asia Selatan, Afrika, Inggris, Eropa Barat hingga Timur Tengah.

Pada 2011, dia menempati posisi ketiga sebagai buronan paling dicari oleh Biro Investigasi Federal (FBI). Dia diduga melakukan terorisme, perdagangan narkoba, pemerasan hingga pembunuhan.

 Baca juga: Profil Gembong Narkoba Terbesar dalam Sejarah Asia yang Ditangkap di Belanda

2. Ochoa Bersaudara

Kekayaan Ochoa Brothers (Ocha Bersaudara) mencapai sekitar USD6 Miliar (Rp86 Triliun). Pada 1987, Ocha Brother masuk dalam daftar miliarder global yang dikeluarkan Forbes. Pada 1991 mereka ditangkap dan bebas pada 1996.

Gembong narkoba ini sudah memproduksi dan memperdagangkan kokain sebelum Kartel Medellin terbentuk. Kartel ini didirikan Jorge Louis Ochoa Vasquez, Juan David Ochoa Vasquez, dan Fabio Ochoa Vasquez. Kemudian mereka bergabung dengan Escobar.

Baca juga: Polisi Gerebek Perdagangan Narkoba, 150 Orang Ditangkap dan Sita Uang Tunai Rp439 Miliar 

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

3. Pablo Escobar

Kekayaan Escobar diperkirakan mencapai USD30 miliar (Rp428 triliun). Escobar diketahui sangat keras melawan pemerintah Kolombia pada 1970-1990. Dia merupakan salah satu pendiri Kartel Medellin. Ketika berada di puncak kekuasaanya, Escobar dapat meraup keuntungan USD60 juta (Rp861 miliar) setiap harinya ketika memasuk kokain ke pasar Amerika Serikat (AS) yang menguntungkan. Pada 1993, Escobar tewas ketika dia ditembak mati dalam baku tembak melawan aparat yang hendak menangkapnya.

4. Amado Carrillo Fuentes

Kekayaan Fuentes diperkirakan mencapai USD25 miliar (Rp356 triliun). Dia adalah gembong narkoba Meksiko yang mengambil alih Kartel Juarez setelah membunuh mantan pemimpinnya, Rafael Aguilar Guajardo.

Ketika pemerintah mencoba menangkap Fuentes, dia memilih melakukan operasi plastik di wajahnya untuk mengubah penampilan. Namun dia meninggal ketika menjalani operasi pada 1997.

Pada 1999, Fabio ditangkap lagi dan dijatuhi hukuman penjara selama 30 tahun. Juan David meninggal pada 2013 akibat serangan jantung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini