Share

Pertama Kali, PM Israel Akan Kunjungi Uni Emirat Arab

Antara, · Senin 13 Desember 2021 13:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 13 18 2516213 pertama-kali-pm-israel-akan-kunjungi-uni-emirat-arab-4yT6nIET0V.jpg PM Israel Naftali Bennet (Foto: Antara/Reuters)

YERUSALEM – Perdana Menteri (PM) Israel Naftali Bennett akan melakukan kunjungan ke Uni Emirat Arab (UEA) pada Minggu (12/12) waktu setempat dan bertemu dengan pemimpin negara Teluk itu dalam perjalanan tingkat tertinggi sejak kedua pihak menormalisasi hubungan pada tahun lalu.

Kunjungan itu dilakukan di tengah ketegangan yang meningkat di kawasan itu saat kekuatan-kekuatan di dunia berupaya untuk memperbaharui kesepakatan nuklir dengan Iran. Israel dan sejumlah negara Arab Teluk memiliki kekhawatiran yang sama terkait aktivitas Iran di kawasan.

"Saya akan pergi ke Uni Emirat Arab hari ini, dalam kunjungan pertama yang dilakukan oleh seorang perdana menteri Israel," terangnya di hadapan kabinet pada Minggu (12/12).

Baca juga: Israel Desak Turki Bebaskan Pasangan yang Ditahan karena Mengambil Foto Istana, Dituduh Mata-Mata

Belum ada konfirmasi langsung dari Abu Dhabi. Uni Emirat Arab, bersama Bahrain, Sudan, dan Maroko membuat langkah menuju normalisasi hubungan dengan Israel di bawah inisiatif yang didukung oleh Amerika Serikat yang disebut "Perjanjian Abraham".

Kunjungan Bennet ini akan menjadi yang pertama di antara para pemimpin keempat negara itu. Perjalanan yang sebelumnya direncanakan oleh pendahulunya Benjamin Netanyahu telah dibatalkan, karena masalah pembatasan perjalanan Covid-19 dan kesulitan untuk mengatur penerbangan di atas teritori Yordania.

Baca juga: Lawan AS, Israel Tolak Konsulat Amerika untuk Palestina di Yerusalem

Menurut kantor perdana menteri Israel, Bennett akan bertemu dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan pada Senin (13/12).

Pernyataan dari Israel mengatakan keduanya akan membahas penguatan hubungan, dengan penekanan terhadap isu ekonomi yang akan berkontribusi pada stabilitas kedua negara dan kesejahteraannya, kata

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini