Share

21 Rumah di Jember Rusak Akibat Angin Kencang

Binti Mufarida, Sindonews · Sabtu 25 Desember 2021 12:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 25 340 2522466 21-rumah-di-jember-rusak-akibat-angin-kencang-dA3N7SYAcm.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

JAKARTA - Angin kencang merusak sejumlah rumah warga di Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur pada Jumat 24 Desember 2021, pukul 16.46 WIB.

Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengungkapkan peristiwa ini bersamaan dengan terjadinya hujan intensitas tinggi di wilayah tersebut.

“BPBD setempat melaporkan tidak ada korban luka-luka akibat kejadian ini,” katanya dalam keterangan yang diterima, Sabtu (25/12/2021).

Baca juga:  Sejumlah Rumah di Konawe dan Wakatobi Rusak Akibat Angin Kencang

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember melaporkan pada hari ini, Sabtu (25/12) sebanyak 21 rumah warga mengalami kerusakan dengan tingkat ringan hingga berat. Rumah rusak berat sejumlah 2 unit, rusak sedang 5 dan rusak ringan 14 unit. Sejumlah rumah rusak tersebut diakibatkan oleh tertimpa pohon yang ada di sekitarnya.

BPBD Kabupaten Jember mencatat 19 KK terdampak pada peristiwa tersebut dan hingga saat ini masih dilakukan pendataan di lapangan. Tidak ada warga yang mengungsi akibat kejadian ini. Wilayah terdampak di dua kecamatan, antara lain Desa Patemon dan Bedadung di Kecamatan Pakusari serta Kecamatan Kalisat.

Baca juga:  Puluhan Rumah di Aceh Besar Rusak Tertimpa Pohon karena Angin Kencang

Angin kencang juga merusak dua tempat ibadah dengan kategori rusak sedang, dan sebuah gudang rusak berat. Sejumlah pohon tumbang terjadi di beberapa titik sehingga menganggu arus lalu lintas maupun jaringan listrik di dua titik.

Merespon kejadian ini, BPBD yang dibantu TNI, Polri, organisasi perangkat daerah terkait, relawan dan warga setempat melakukan gotong royong untuk membantu warga yang tertimpa musibah. Para petugas dan warga membersihkan material rumah rusak maupun pohon-pohon tumbang di jalan umum.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini