Jet Tempur Korsel Jatuh di Gunung, Tewaskan Seorang Pilot

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 11 Januari 2022 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 18 2530695 jet-tempur-korsel-jatuh-di-gunung-tewaskan-seorang-pilot-BVXx03aRTo.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

SEOUL - Seorang pilot angkatan udara Korea Selatan tewas pada Selasa (11/1/2022) setelah jet tempur F-5E yang diterbangkannya jatuh di sebuah gunung di selatan ibu kota Seoul. Insiden itu tampak disebabkan oleh kerusakan mesin, kata angkatan udara.

BACA JUGA: Korut Luncurkan Proyektil Tak Dikenal, Uji Coba Rudal Kedua dalam Sepekan

Peringatan kebakaran mesin muncul tak lama setelah pesawat lepas landas, sekira pukul 13:44 waktu setempat, dari pangkalannya di Suwon, Provinsi Gyeonggi, menyebabkannya menabrak gunung di kota terdekat Hwaseong.

Pilot berpangkat kapten, yang hanya diidentifikasi dengan nama keluarganya Shim dan merupakan satu-satunya orang di dalam pesawat, gagal melarikan diri meskipun dia berusaha, kata angkatan udara dalam sebuah pernyataan yang dilansir Reuters.

Tim akan menyelidiki penyebab pasti kecelakaan dan kerusakan tersebut.

Korea Selatan telah mengoperasikan sekitar 200 F-5 sejak mengadopsinya dari Amerika Serikat (AS) pada pertengahan 1970-an, yang sebagian besar telah atau akan segera dinonaktifkan.

BACA JUGA: Insiden Langka, Warga Korsel Nekat Lintasi Zona Demiliterisasi Membelot ke Korut

Selusin F-5 telah jatuh di Korea Selatan sejak tahun 2000, menurut kantor berita Yonhap, termasuk pada 2010 ketika dua pesawat jatuh ke gunung di pantai timur, menewaskan tiga pilot.

Pekan lalu, sebuah pesawat tempur F-35A melakukan pendaratan darurat di kota pesisir barat Seosan selama pelatihan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini