Share

Beredar Hoaks Gempa dan Tsunami di Jabar, Ini Tanggapan BMKG

Arif Budianto, Koran SI · Selasa 18 Januari 2022 08:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 340 2533735 beredar-hoaks-gempa-dan-tsunami-di-jabar-ini-tanggapan-bmkg-asHj5Jr8Ci.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

BANDUNG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung menanggapi adanya kabar tentang adanya gempa dan tsunami besar yang akan terjadi di Jawa Barat. Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan bahwa kabar itu palsu alias hoaks.

BACA JUGA: Gempa Magnitudo 6,6 Banten, 257 Rumah Rusak

Menurut Rahayu, pasca gempabumi magnitudo (M) 6,6 di Pandeglang, gempa susulan terus terjadi. Namun gempa susulan sampai saat ini sudah jauh menurun dengan kekuatan yang jauh lebih kecil.

Dia menambahkan bahwa jika ada yang menyatakan akan ada gempa susulan yang lebih besar serta menyebabkan tsunami makah hal itu tidak benar. Rahayu menjelaskan bahwa sampai saat ini gempa bumi belum dapat diprediksi secara pasti, kapan, dimana serta berapa besar kekuatannya sehingga mustahil bisa meramalkan kekuatan gempa susulan yang akan terjadi.

"Untuk informasi dari pesan suara yang saat ini beredar yang menyatakan akan ada gempa susulan berkekuatan besar dan menimbulkan tsunami di Palabuhanratu adalah berita bohong (hoax) yang disebarkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab yang menginginkan keresahan di masyarakat," jelasnya.

BACA JUGA: Gempa Kembali Guncang Pandeglang Banten, Kali Ini Magnitudo 4,7

Rahayu mengaku, kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya di Palabuhan Ratu dan sekitarnya dihimbau untuk tidak mempercayai berita bohong tersebut. Pastikan informasi gempa dan peringatan dini tsunami bersumber resmi dari BMKG.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini