Share

Peristiwa Langka, Bayi Gajah Kembar Lahir di Kenya

Susi Susanti, Okezone · Jum'at 21 Januari 2022 07:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 21 18 2535476 peristiwa-langka-bayi-gajah-kembar-lahir-di-kenya-0w0HGJUNq1.jpg Bayi gajah kembar yang langka lahir di Kenya (Foto: AFP)

KENYA - Bayi gajah kembar telah lahir minggu ini dalam peristiwa yang langka di cagar nasional di Kenya utara.

Gajah berjenis kelamin jantan dan betina pertama kali terlihat oleh pemandu wisata di safari di cagar alam Samburu pada akhir pekan.

Mereka adalah anak gajah kembar kedua yang pernah ditemukan oleh badan amal konservasi lokal Save the Elephants.

Badan amal itu mengatakan kembar gajah hanya menyumbang 1% dari kelahiran gajah, dengan kasus terakhir yang diketahui tercatat pada 2006.

 Baca juga: Pertama dalam Sejarah, Sepasang Bayi Gajah Kembar Lahir di Panti Asuhan

Berbicara kepada kantor berita Reuters, pendiri badan amal Dr Iain Douglas-Hamilton mengatakan ini adalah saat yang kritis bagi anak gajah karena pasangan kembar terakhir yang lahir 15 tahun lalu tidak bertahan lama setelah lahir.

Dia menjelaskan cukup sering ibu gajah tidak memiliki cukup susu untuk memberi makan kedua anak sapi. Karena itu dia mengatakan setiap orang berharap keberuntungan untuk kelangsungan hidup mereka.

Baca juga: Kawanan Gajah Inggris Diterbangkan ke Habitat Barunya di Kenya

Gajah Afrika memiliki periode kehamilan terpanjang dari semua mamalia. Mereka mengandung anak mereka selama hampir 22 bulan, dan melahirkan sekitar setiap empat tahun.

Perdagangan gading dan hilangnya habitat vital telah menyebabkan gajah dimasukkan ke dalam Daftar Merah spesies yang terancam punah oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam.

Namun populasi gajah telah tumbuh di Kenya dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini didasarkan pada sensus satwa liar pertama di negara itu yang diterbitkan tahun lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini