Share

Taiwan Kirim Jet Tempur Setelah 39 Pesawat Militer China Masuki Wilayah Pertahanannya

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 24 Januari 2022 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 18 2536718 taiwan-kirim-jet-tempur-setelah-39-pesawat-militer-china-masuki-wilayah-pertahanannya-cJn1B67r1m.jpg Foto: Reuters.

TAIPEI - Taiwan pada Minggu (23/1/2022) melaporkan invasi terbesar oleh pesawat militer China sejak Oktober 2021. Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan telah mengerahkan jet tempur dan menyiagakan sistem rudalnya setelah 38 pesawat militer China terdeteksi di Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) pulau itu.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengklaim bahwa pesawat-pesawat China telah melintasi barat daya ADIZ, mendorong pulau itu mengerahkan militernya untuk memantau aktivitas pesawat tersebut.

BACA JUGA: Kekuatan Militer Tak Seimbang, 2 Juta Tentara China Lawan 163.000 Prajurit Taiwan

Taiwan, yang diklaim China sebagai wilayahnya sendiri, sejak lebih dari satu tahun lalu telah mengeluhkan misi berulang oleh angkatan udara China di ADIZ, terutama di bagian barat daya, dekat Pulau Pratas yang dikendalikan Taiwan.

Misi China terbaru ini membawa 34 jet tempur, empat pesawat perang elektronik, dan satu pengebom, demikian disampaikan Kementerian Pertahanan Taiwan sebagaimana dilansir Reuters.

Taiwan mengirim pesawat tempur untuk memperingatkan pesawat China, sementara sistem rudal dikerahkan untuk memantau mereka, kata kementerian itu.

BACA JUGA: China Peringatkan Tindakan Drastis jika Taiwan Provokasi Kemerdekaan

Sejauh ini belum ada komentar langsung dari Beijing, yang sebelumnya pernah mengatakan bahwa misi-misi tersebut merupakan latihan yang bertujuan untuk melindungi kedaulatan negara.

China telah meningkatkan tekanan pada Taiwan untuk menerima klaim kedaulatannya. Pemerintah Taiwan mengatakan menginginkan perdamaian tetapi akan membela diri jika diserang.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Pada Oktober, Taiwan melaporkan 148 pesawat angkatan udara China memasuki wilayahnya di bagian selatan dan barat daya ADIZ. Insiden itu terjadi selama periode empat hari yang dimulai pada 1 Oktober, yang diperingati China sebagai Hari Nasional.

Taiwan telah melaporkan hampir setiap hari angkatan udara China masuk ke wilayah udara yang sama sejak itu, tetapi jumlah pesawat pada Minggu adalah yang terbesar dalam satu hari sejak serangan Oktober.

Tidak ada tembakan yang dilepaskan dan pesawat China tidak terbang di wilayah udara Taiwan, tetapi di ADIZ-nya, area yang lebih luas dipantau dan patroli Taiwan yang bertindak untuk memberikan lebih banyak waktu untuk menanggapi setiap ancaman.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini