Share

Habib Bahar Ajukan Penangguhan Penahanan, Polda Jabar Kebut Proses Hukum

Agung Bakti Sarasa, Koran SI · Senin 24 Januari 2022 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 24 340 2536975 habib-bahar-ajukan-penangguhan-penahanan-polda-jabar-kebut-proses-hukum-gALJ0B1g1x.jpg Habib Bahar bin Smith (foto: Okezone.com)

BANDUNG - Polda Jawa Barat terus memproses kasus hukum Habib Bahar bin Smith di tengah upaya penangguhan penahanan yang diajukan pendiri Pondok Pesantren Tajul Alawiyyin itu.

Diketahui, Habib Bahar berstatus tersangka dalam kasus penyebaran berita bohong atau hoaks. Selain itu, ia pun menghadapi kasus ujaran kebencian terhadap pejabat negara.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, pihaknya belum mengabulkan upaya penangguhan penahanan yang diajukan Bahar.

"Penangguhannya masih ditunda, belum diberikan," ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo saat dihubungi, Senin (24/1/2022).

Menurut Ibrahim, pertimbangan belum dikabulkannya penangguhan tersebut lantaran penyidik Polda Jabar masih membutuhkan kehadiran Habib Bahar untuk melengkapi berkas perkara, khususnya dalam kasus hoaks.

"Pertimbangannya yang bersangkutan masih dibutuhkan untuk melengkapi berkas," tutur dia.

Baca juga: Habib Bahar Kembali Terjerat Kasus Ujaran Kebencian kepada Pejabat Negara

Ibrahim mengakui, hingga saat ini, Polda Jabar belum melimpahkan kasus tersebut kepada pihak Kejaksaan. Pasalnya, berkas perkara tersebut belum lengkap untuk dilimpahkan.

"Masih melengkapi berkas perkara," kata dia.

Baca juga: MA Tolak Kasasi KPK Terkait Kasus Nurhadi dan Menantunya

Sebelumnya, Habib Bahar bin Smith kembali mengajukan penangguhan penahanan untuk kedua kalinya dalam kasus hukum yang kini tengah dihadapinya.

Kuasa Hukum Habib Bahar bin Smith, Ichwan Tuankotta mengatakan, pihaknya kembali mengajukan penangguhan penahanan karena Polda Jawa Barat tak kunjung mengabulkan penangguhan penahanan pertama yang telah diajukan beberapa waktu lalu.

"Kita belum dapat jawabannya dari Polda, hari ini baru akan kita masukan lagi terkait permohonan penangguhan," ujar Ichwan, Rabu (12/1/2022).

Menurut Ichwan, dalam surat surat pengajuan penangguhan penahanan pertama, pihaknya beralasan jika Bahar dibutuhkan oleh para santri dan merupakan tulang punggung keluarga.

"Alasan penangguhannya karena Habib Bahar dibutuhkan oleh santri-santrinya agar bisa memberikan pendidikan agama di pondok. Kedua, karena dia tulang punggung keluarga juga," katanya.

Baca juga: Dijamin Sosok Inisial A, Polda Jabar Pertimbangkan Penangguhan Penahanan Habib Bahar

Dalam surat pengajuan penangguhan penahanan kedua ini, lanjut Ichwan, alasannya masih sama. Namun, ditambahkan keterangan bahwa istrinya dan para ulama se-Jabar menjadi penjamin.

"Ya, sebagai jaminan istri dan para ulama, tidak akan melarikan diri, tidak akan mengulangi perbuatannya lagi, dan tidak akan menghilangkan barang bukti, itu standarnya," jelasnya.

Baca juga: Habib Bahar Ditahan di Rutan Polda Jabar

Bahar sendiri disangkakan Pasal 14 ayat 1 dan 2 UU Nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana juncto Pasal 55 KUHP dan atau Pasal 15 UU Nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana juncto Pasal 55 KUHP dan atau Pasal 28 ayat 2 juncto 45 a UU ITE juncto Pasal 55 KUHP.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini