Share

Baku Tembak Pecah di Perbatasan Tajikistan dan Kirgizstan, Seorang Warga Sipil Tewas

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 28 Januari 2022 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 28 18 2539162 baku-tembak-pecah-di-perbatasan-tajikistan-dan-kirgizstan-seorang-warga-sipil-tewas-YQcQL35MNx.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

BISHKEK - Kekerasan pecah di perbatasan Tajikistan dan Kirgiztan pada Kamis (27/1/2022) malam, dengan bentrokan terjadi di daerah perbatasan yang tidak ditandai dengan jelas, yang mempertemukan wilayah tiga negara: Kirgiztan, Tajikistan, dan Uzbekistan. Seorang korban tewas dan beberapa lainnya mengalami luka-luka akibat bentrokan tersebut.

Masalah bermula ketika sebuah kendaraan Tajikistan dilempari batu dari sisi perbatasan Kirgiztan, memicu tanggapan dari penjaga perbatasan kedua negara. Tentara pertama melepaskan tembakan peringatan sebelum terlibat baku tembak dengan tentara negara tetangga, demikian dilaporkan.

Menurut penjaga perbatasan Kirgiztan, konfrontasi pertama dimulai ketika sekelompok warga sipil Tajik memblokir jalan antara Kota Batken dan Isfana di Kirgiztan, yang sebagian terletak di wilayah Tajik.

Insiden itu dikatakan telah diselesaikan ketika penjaga perbatasan kedua negara tiba di tempat kejadian, tetapi militer Tajikistan diduga melepaskan tembakan ke bagian lain perbatasan, menggunakan "mortir dan peluncur granat," menurut rekan-rekan mereka di pihak Kirgiztan.

Pejabat Tajikistan telah mengonfirmasi kematian seorang warga sipil. Dua warga sipil dilaporkan terluka, dan 11 penjaga perbatasan terluka akibat kekerasan tersebut. Bentrokan juga memicu evakuasi beberapa desa yang terletak di sepanjang perbatasan yang saling terkait.

Insiden itu adalah konfrontasi terbaru yang terjadi di perbatasan yang kompleks dan tidak bertanda jelas antara kedua negara, di mana negara-negara terpisah menyatakan perbatasan mereka sendiri setelah runtuhnya Uni Soviet.

Insiden perbatasan besar sebelumnya berkobar antara Kirgiztan dan Tajikistan April lalu, ketika perselisihan mengenai fasilitas distribusi air mengakibatkan bentrokan yang menewaskan setidaknya 30 orang dan lebih banyak lagi terluka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini