Share

Israel Gelar Latihan Rahasia, Simulasikan Serangan Besar-besaran Terhadap Fasilitas Nuklir Iran

Susi Susanti, Okezone · Rabu 02 Februari 2022 14:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 02 18 2541350 israel-gelar-latihan-rahasia-simulasikan-serangan-besar-besaran-terhadap-fasilitas-nuklir-iran-FKzFgU4ELq.jpg Israel gelar latihan militer rahasia (Foto: Pasukan Pertahanan Israel)

ISRAEL - Seorang pejabat militer Amerika Serikat (AS) disebut-sebut hadir pada  latihan Israel mempersiapkan serangan terhadap situs nuklir Iran menggunakan “puluhan” pesawat tempur.

Menurut sebuah laporan media Tel Aviv Kan, latihan ini digelar pada pertengahan Januari. Latihan rahasia itu membayangkan serangan "besar-besaran" terhadap fasilitas nuklir Iran dan memainkan beberapa skenario, termasuk pengisian bahan bakar di udara, menanggapi amunisi anti-pesawat dan melakukan serangan jarak jauh.

Media tersebut menambahkan, seorang perwira Angkatan Udara AS yang tidak disebutkan namanya diduga menghadiri latihan tersebut sebagai pengamat. Kehadiran pejabat tersebut juga tidak biasa untuk latihan semacam itu.

Baca juga: Raja Arab Saudi Sampaikan Kekhawatiran Tentang Program Nuklir Iran

Menurut seorang pejabat senior AS yang dikutip Reuters, laporan tersebut mengikuti pertemuan antara pejabat militer AS dan Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz pada Desember tahun lalu.

Pejabat itu menolak untuk merinci rencana tersebut. Mereka mengatakan latihan itu akan mempersiapkan skenario terburuk untuk menghancurkan fasilitas nuklir Iran jika diplomasi gagal.

Baca juga: Iran Akan Izinkan Pengawas Nuklir PBB

Sebelumnya pada Selasa (1/2), militer Israel mengumumkan bahwa mereka akan mengambil bagian dalam Latihan Angkatan Laut Internasional besar-besaran yang dipimpin AS yang melibatkan sekitar 50 kapal dari 60 negara mitra dan 9.000 personel. Diluncurkan awal pekan ini, latihan selama 18 hari diadakan di Laut Merah di lepas pantai Bahrain, dekat markas Armada ke-5 AS.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini