Share

Tanggul Jebol, Banjir Menggenangi 14 Lokasi di Ponorogo

Ahmad Subekhi, iNews · Senin 14 Februari 2022 18:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 14 340 2547164 tanggul-jebol-banjir-menggenangi-14-lokasi-di-ponorogo-XJuCf60QnU.jpg 14 lokasi di Ponorogo tergenang banjir akibat tanggul jebol (Foto : iNews)

PONOROGO - Hujan deras yang menguyur Ponorogo, Jawa Timur, mengakibatkan banjir di 14 lokasi. Di mana yang terparah berada di Desa Ngasinan, dan menyebabkan tanggul jebol.

Akibatnya, puluhan rumah banjir selutut orang dewasa. Sejumlah warga pun telah mengungsi ke tempat yang lebih tinggi dan aman. Mereka dievakuasi dengan perahu karet.

Soerah (65), seorang ibu rumah tangga warga Dusun Mantup, Desa Ngasinan, Ponorogo mengatakan, banjir membuat semua perabotan rumahnya terendam dan tidak ada yang bisa diselamatkan.

"Banjir mulai masuk ke rumah warga sejak Minggu malam. Curah hujan tinggi, ditambah tanggu Sungai Jeruk yang melintasi desa ini jebol. Luapannya air membuat banjir semakin tinggi," katanya, Senin (14/2/2022).

Kata dia, ketinggian air di dalam rumahnya sudah mencapai setinggi lutut orang dewasa. Namun, dia masih lebih beruntung karena ada warga lain yang terendam hingga setinggi leher orang dewasa.

Saat ini, Tim BPBD dan relawan sudah diterjunkan ke lokasi untuk mengevaluasi warga yang terjebak banjir.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Relawan PMI Amin Zabidi mengatakan, ada juga warga yang memilih bertahan di rumah-rumah mereka, karena ingin tetap menjaga ternaknya. Banjir meredam 14 lokasi di Ponorogo dengan terparah di Desa Ngasinan.

"Rumah yang terendam 80 rumah dengan jumlah penduduk 150 jiwa. Banjir terjadi karena tanggul jebol," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini