Share

Pemberontak Pro-Rusia Umumkan Mobilisasi Militer Penuh di Ukraina Timur

Rahman Asmardika, Okezone · Sabtu 19 Februari 2022 15:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 19 18 2549854 pemberontak-pro-rusia-umumkan-mobilisasi-militer-penuh-di-ukraina-timur-xhZR2RFwoG.JPG Pimpinan Republik Rakyat Donestk Denis Pushilin berbicara dalam konferensi pers di Donestsk, Ukraina, 11 Februari 2022. (Foto: Reuters)

MOSKOW - Para pemimpin separatis yang didukung Rusia di Ukraina timur pada Sabtu (19/2/2022) mengumumkan mobilisasi militer penuh, sehari setelah memerintahkan perempuan dan anak-anak untuk mengungsi ke Rusia selatan karena apa yang mereka katakan sebagai ancaman konflik.

Dalam sebuah video, Kepala Republik Rakyat Donetsk (DPR), yang memproklamirkan diri, Denis Pushilin, mengatakan dalam sebuah pernyataan video bahwa dia telah menandatangani dekrit tentang mobilisasi dan meminta orang-orang "yang mampu memegang senjata di tangan mereka" untuk datang ke komisariat militer.

BACA JUGA: Biden: Putin Telah Putuskan Invasi Ukraina, Serangan Akan Terjadi dalam Beberapa Hari 

Pemimpin separatis lainnya, Leonid Pasechnik, menandatangani dekrit serupa untuk Republik Rakyat Luhansk (LPR) tak lama setelah itu.

Pihak berwenang separatis pada Jumat(18/2/2022) mengumumkan rencana untuk mengevakuasi sekira 700.000 orang, mengutip kekhawatiran akan serangan yang akan segera terjadi oleh pasukan Ukraina, tuduhan yang dibantah dengan tegas oleh Kiev.

Kurang dari 7.000 orang telah dievakuasi dari Donetsk pada Sabtu pagi, kata kementerian darurat setempat.

BACA JUGA: Pemberontak di Ukraina Timur Tuding Pasukan Pemerintah Lancarkan Serangan Mortir

Militer Ukraina mengatakan pada Sabtu bahwa pihaknya telah mencatat 12 pelanggaran gencatan senjata oleh separatis pro-Rusia di Ukraina timur pada pagi hari setelah 66 kasus dalam 24 jam sebelumnya.

Pihak berwenang separatis juga melaporkan apa yang mereka katakan sebagai penembakan oleh pasukan Ukraina di beberapa desa pada Sabtu.

Kedua belah pihak secara teratur saling menyalahkan atas pelanggaran gencatan senjata.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(dka)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini