Share

TNI AL Gagalkan Pengiriman 23 PMI Ilegal Lewat Kapal Kayu

Riezky Maulana, iNews · Selasa 15 Maret 2022 16:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 15 340 2562057 tni-al-gagalkan-pengiriman-23-pmi-ilegal-lewat-kapal-kayu-HzNbKd72nV.jpg Sebanyak 23 PMI ilegal ditangkap. (Ist)

JAKARTA - TNI AL melalui Lanal Tanjung Balai Asahan (TBA) menggagalkan pengiriman 23 pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal pada Selasa (15/3/2022). PMI ilegal itu hendak diselundupkan menggunakan kapal kayu tanpa nama.

Ke-23 PMI ilegal itu terdiri atas 12 laki-laki dan 11 perempuan.

Dispenal mengungkapkan, usaha penggagalan berawal dari informasi masyarakat mengenai adanya kapal kayu yang membawa PMI ilegal di Perairan Bagan Asahan.

Mendapat informasi tersebut, tim yang dipimpin Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) TBA Letkol Laut (P) Aan Prana Tuah Sebayang segera menindaklanjutinya.

"Berhasil menangkap 1 nakhoda dan 3 anak buah kapal yang diduga sebagai pengawak serta 23 PMI ilegal," tulis Dispenal dalam keterangan tertulis.

Ia menjelaskan, kapal tanpa nama tersebut dibawa dan diamankan di Pos Babinpotmar Bagan Asahan. Sementara PMI ilegal, nakhoda, dan ABK akan diproses lebih lanjut di Mako Lanal TBA.

Dispenal mengatakan, hal ini sesuai dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono yakni menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

"TNI AL tidak akan kompromi terhadap segala hal yang mengancam kedaulatan negara, tindak pidana dan pelanggaran di laut dan tidak melakukan pembiaran serta mencegah kegiatan-kegiatan illegal seperti PMI ilegal yang masih terjadi," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini