Share

IPU Jadi Momentum Parlemen Sebarkan Damai, Ketua DPR Kembali Singgung Palestina

Jonathan Simanjuntak, MNC Portal · Minggu 20 Maret 2022 22:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 20 18 2564871 ipu-jadi-momentum-parlemen-sebarkan-damai-ketua-dpr-kembali-singgung-palestina-IzLN6ENxRb.jpg Ketua DPR RI Puan Maharani di Acara IPU (Foto : DPR RI)

BALI - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan Sidang ke-144 Inter-Parliamentary Union (IPU) akan menjadi momentum bagi parlemen dunia untuk menyebarkan budaya damai. Forum tersebut dinilainya dapat menjembatani perbedaan pendapat yang ada antar negara.

Dalam kesempatan tersebut, Puan juga menyinggung soal nasib Palestina.

“Majelis IPU ke-144 dapat menjadi momentum bagi Parlemen untuk menyebarkan “budaya damai“ (culture of peace) yang selalu mempromosikan toleransi, dan dialog, serta menolak kekerasan,” kata Puan Maharani saat memberikan sambutan dalam pembukaan sidang ke-144 IPU, di Bali, Minggu (20/3/2022).

Menurutnya, Majelis IPU yang hadir dapat membuka peluang untuk menyelesaikan konflik yang terjadi antara Rusia dan Ukraina. Forum tersebut, tambah dia, bakal mendorong dilakukannya gencatan senjata.

“Pertemuan Majelis IPU ini membuka peluang untuk mendorong penyelesaian damai atas perang di Ukraina, dan mendesak dilakukan gencatan senjata,” kata Puan.

Politikus PDI Perjuangan itu mengatakan bahwa gencatan senjata yang akan didorong dalam sidang IPU merupakan berlandaskan penghormatan kepada hukum internasional dan piagam PBB. Apalagi, integritas teritori perlu untuk diteguhkan.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Meski konflik Rusia-Ukraina tengah mencuat, Puan memastikan IPU juga tidak akan lengah dalam menyelesaikan konflik yang ada di belahan bumi lainnya. Dalam kesempatannya, pertemuan IPU juga bakal mendorong tercapainya kemerdekaan Palestina serta mendorong Myanmar kembali ke jalan demokrasi.

“Namun, kita jangan melupakan untuk menyelesaikan konflik di berbagai belahan bumi lainnya. Pertemuan ini juga perlu mendesak tercapainya kemerdekaan penuh Palestina. Terkait situasi di Myanmar, kita dapat mendorong agar Myanmar kembali ke jalan demokras,” tutup Puan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini