Share

Intelijen Inggris: Rusia Terjunkan Tentara Bayaran Grup Wagner di Ukraina Timur

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 29 Maret 2022 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 18 2569555 intelijen-inggris-rusia-terjunkan-tentara-bayaran-grup-wagner-di-ukraina-timur-OBFPCkuIE0.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

LONDON - Intelijen militer Inggris pada Senin (28/3/2022) mengatakan bahwa perusahaan militer swasta Rusia, Grup Wagner, telah dikerahkan ke Ukraina timur.

“Mereka diperkirakan akan mengerahkan lebih dari 1.000 tentara bayaran, termasuk para pemimpin senior organisasi tersebut, untuk melakukan operasi tempur,” kata Kementerian Pertahanan Inggris sebagaimana dilansir Reuters.

BACA JUGA: Di Balik Kelompok Wagner, Tentara Bayaran Putin yang Kobarkan Perang Berdarah di Perbatasan NATO 

Grup Wagner adalah kontraktor militer yang diidentikkan dengan tentara bayaran swasta seperti Blackwater di Amerika Serikat (AS). Operasi Grup Wagner telah menjangkau hampir seluruh belahan dunia, dari pertempuran garis depan di Suriah, Libya, hingga terkait konfik tambang berlian di Afrika Tengah.

Menurut laporan BBC, Grup Wagner adalah salah satu organisasi paling rahasia di Rusia. Secara resmi, organisasi ini tidak ada karena tentara bayaran bertentangan dengan hukum Rusia dan internasional.

BACA JUGA: Disodori Kontrak 'Maut', Tentara Bayaran Ini Hanya Tahan 9 Jam di Ukraina

Konflik di antara Rusia dan Ukraina telah menyebabkan lonjakan permintaan untuk jasa tentara bayaran, terutama di pihak Ukraina. Kiev secara terang-terangan menyatakan telah merekrut tentara asing untuk membantu pasuknnya bertempur melawan serangan Rusia.

Selain itu tentara bayaran juga dipekerjakan oleh pihak pribadi yang ingin melakukan penjemputan atau ekstraksi individu dari wilayah konflik di Ukraina.

Follow Berita Okezone di Google News

(dka)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini