Share

Bangladesh Peringati Hari Kemerdekaan Ke-51, Puji Hubungan Bilateral dengan Indonesia

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 30 Maret 2022 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 30 18 2570165 bangladesh-peringati-hari-kemerdekaan-ke-51-puji-hubungan-bilateral-dengan-indonesia-jeDquQEkjc.jpeg Duta Besar Bangladesh untuk Indonesia Mohammad Mostafizur Rahman memberikan pidato pada peringatan Hari Kemerdekaan Bangladesh Ke-51 di Hotel Borobudur, Jakarta, 29 Maret 2022. (Foto: Meta/MPI)

JAKARTA - Bangladesh memperingati hari kemerdekaannya yang ke-51 dalam sebuah acara yang digelar di Hotel Borobudur, Jakarta pada Selasa (29/3/2022) malam. Dalam kesempatan itu, Bangladesh memuji jasa para pahlawannya, sekaligus hubungan yang baik dengan Indonesia.

Bangladesh merdeka pada 26 Maret 1971, melalui deklarasi dari Bapak Bangsa Sheikh Mujibur Rahman.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Bahas Krisis Rakhine dan Kunjungi Kamp Pengungsi Rohingya di Bangladesh

"Kami merayakan hari kemerdekaan untuk menghormati perjuangan untuk meraih kemerdekaan dan diakui sebagai bangsa yang berdaulat di dunia," kata Duta Besar Bangladesh untuk Indonesia Mohammad Mostafizur Rahman dalam pidatonya.

Dia memuji para pahlawan yang telah berjuang mengorbankan jiwa dan raga untuk mencapai kemerdekaan ini.

"Mereka banyak yang meninggal akibat perang brutal demi mencapai kemerdekaan yang harus kita jaga ini."

BACA JUGA: Presiden Jokowi Senang Myanmar dan Bangladesh Buka Akses Bantuan Rohingya

Dubes Mostafizur Rahman juga memuji hubungan antara Indonesia dan Bangladesh yang semakin diperkuat dengan kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Bangladesh pada 2018. Tahun ini, Indonesia dan Bangladesh merayakan 50 tahun hubungan diplomatik antara kedua negara.

“Bangladesh dan Indonesia menikmati hubungan bilateral yang luar biasa. Hubungan bilateral antara kedua negara telah terjalin sejak 1972,” kata Dubes Mostafizur Rahman.

Saat ini kedua negara telah menjalin kerja sama dalam berbagai bidang, dengan sejumlah kegiatan bilateral yang tengah berlangsung. Indonesia dan Bangladesh telah menyepakati sejumlah nota kesepahaman selama kunjungan Presiden Jokowi ke Bangladesh.

Indonesia dan Bangladesh juga bekerja sama, berupaya mengembalikan para pengungsi Rohingya secara terhormat ke negara asalnya, Myanmar.

Turut hadir dalam acara besar ini, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhadjir Effendy yang memberikan sambutannya atas hubungan baik yang terjalin antara Indonesia dan Bangladesh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini