Share

Viral Penjaga Toko Tertipu Modus Tukar Uang Receh

Adi Haryanto, Koran SI · Jum'at 15 April 2022 01:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 14 525 2579344 viral-penjaga-toko-tertipu-modus-tukar-uang-receh-aJb2dk2jK5.jpg Penipuan modus tukar uang receh. (tangkapan layar medsos)

CIMAHI - Aksi penipuan dengan modus penukaran uang receh terekam kamera CCTV lalu viral usai diunggah ke media sosial. Peristiwa itu terjadi pada Selasa (12/4/2022) sekitar 13.00 WIB.

Korbannya adalah seorang pegawai toko skincare di Jalan Suka Indah Raya, Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi. Pelaku terekam jelas CCTV, sementara di toko itu juga tampak seorang wanita yang sedang melihat-lihat produk skincare.

Peristiwa berawal saat ada pria masuk bersamaan dengan seorang perempuan ke toko dan mengaku sebagai pegawai dari toko sebelah. Dia lalu ingin menukarkan uang receh Rp10 dan Rp20 ribu sebanyak Rp1 juta.

"Waktu itu yang jaga temen saya. Katanya ingin menukarkan uang receh Rp10 dan Rp20 ribu. Pertamanya minta Rp1 juta tapi gak ada," kata penjaga toko skincare, Nurjanah (23), Kamis (14/4/2022).

Kemudian terduga pelaku keluar toko dan terdengar suara teriakan yang berbunyi nominal uang yang diduga untuk meyakinkan penjaga toko. Pria berperawakan gempal itu lalu masuk lagi ke toko dan berpura-pura seolah menghitung uang di dalam dompet.

Penjaga toko itu langsung menyerahkan uang sebesar Rp750 ribu kepada terduga pelaku. Setelah itu, seorang perempuan yang masuk bersamaan tersebut bertanya-tanya seputar kosmetik kepada penjaga toko.

Penjaga toko mulai curiga sebab pria penukar uang tersebut tidak kunjung kembali kepadanya. Padahal dia sudah memberikan uang Rp750 ribu dengan maksud akan ditukar dengan uang receh.

Karena tidak kunjung datang, penjaga toko bertanya kepada toko di sebelahnya. Saat itulah baru diketahui kalau pria yang datang dan menerima uang Rp750 ribu darinya bukanlah penjaga toko di sebelah.

"Dari situlah teman saya baru sadar udah jadi korban penipuan. Sebelumnya dia gak ngeh, karena sempat melayani cewek yang menanyakan produk lipstik berbarengan dengan pria tersebut datang," tuturnya.

Pengelola toko skincare tersebut belum melaporkan aksi penipuan dengan modus penukaran uang receh tersebut ke polisi.

"Saya viralkan biar pelakunya jera. Soalnya ada yang ke sini juga sama ngalamin kejadian kaya gini dan ciri-ciri pelakunya hampir sama," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini