Share

NASA Tunda Peluncuran Roket Artemis-1 Setelah Gagal Tes Wet Dress

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 19 April 2022 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 19 18 2581499 nasa-tunda-peluncuran-roket-artemis-1-setelah-gagal-tes-wet-dress-78hruYCRrr.jpg Roket Artemis-1. (Foto: NASA)

HOUSTON - Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA telah memutuskan untuk menunda peluncuran roket ekspedisi bulan Artemis 1 untuk memperbaiki beberapa masalah yang ditemukan pada sesi tes "wet dress rehearsal" baru-baru ini.

Tes "wet dress rehearsal" adalah serangkaian uji coba utama yang dirancang untuk menunjukkan bahwa roket Space Launch System (SLS) Artemis 1 yang besar, pesawat ruang angkasa Orion, dan infrastruktur darat terkaitnya siap diluncurkan. Tes ini dimulai pada 1 April di Pad 39B di Pusat Luar Angkasa Kennedy (KSC) NASA di Florida.

BACA JUGA: NASA Temukan Komet Terbesar Sepanjang Sejarah, Lebarnya Ratusan Kilometer 

Uji coba ini seharusnya selesai dalam waktu sekira 48 jam dengan pemuatan hidrogen cair dan propelan oksigen cair ke dalam SLS dan pelaksanaan beberapa simulasi hitungan mundur peluncuran.

Namun, anggota tim Artemis 1 mengalami beberapa masalah yang menunda langkah-langkah itu, dan mereka akhirnya mundur untuk mengakomodasi misi astronot pribadi Ax-1, yang diluncurkan di atas roket SpaceX Falcon 9 pada 8 April dari Pad 39A KSC.

"Wet dress rehearsal" dimulai lagi pada 12 April, dalam format yang dimodifikasi: Setelah menemukan katup yang rusak pada peluncuran seluler yang mendukung tumpukan roket Artemis 1, tim memutuskan untuk mengisi bahan bakar hanya tahap inti SLS, bukan tahap atasnya juga.

Teknisi mulai mengisi bahan bakar tahap inti pada 14 April seperti yang direncanakan, tetapi mereka berhenti setelah memperhatikan bahwa hidrogen cair bocor dari salah satu jalur "umbilical" yang mengalir dari menara peluncuran seluler ke SLS.

Setelah mengakhiri upaya pengisian bahan bakar, tes wet dress yang ketiga setelah percobaan yang gagal pada tanggal 3 April dan 4 April, anggota tim Artemis 1 meluangkan waktu untuk menganalisis data dan pilihan mereka. Mereka awalnya membiarkan pintu terbuka untuk melanjutkan tes tersebut minggu depan, dengan percobaan pengisian tangki bahan bakar lain mungkin digelar pada Kamis (21/4/2022).

Tetapi opsi itu kini tidak lagi mungkin dilakukan setelah tim telah memutuskan untuk membongkar tumpukan roket Artemis 1 dari Pad 39B dan kembali ke Gedung Perakitan Kendaraan KSC yang luas untuk mengganti katup yang rusak dan memperbaiki “umbilical” yang bocor.

"Selama waktu itu, badan tersebut juga akan meninjau jadwal dan opsi untuk mendemonstrasikan operasi pemuatan propelan sebelum peluncuran," tulis pejabat NASA dalam keterangan yang dilansir Space.com pada Sabtu, 16 April.

Keputusan, atau setidaknya waktu uji coba berikutnya didorong sampai tingkat tertentu oleh faktor eksternal, kata pejabat NASA mengutip peningkatan yang diperlukan "di pemasok gas nitrogen di luar lokasi yang digunakan untuk pengujian."

Artemis 1 akan mengirim Orion tanpa awak dalam perjalanan sekitar sebulan mengelilingi bulan. NASA berharap untuk meluncurkan misi musim panas ini tetapi tidak akan menetapkan tanggal target resmi sampai gaun tes wet dress selesai dan tim telah menganalisis data yang dihasilkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini