Share

Tim Demonstrasi Terjun Payung Timbulkan Kepanikan, Gedung Capitol AS Dievakuasi

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 21 April 2022 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 21 18 2582890 tim-demonstrasi-terjun-payung-angkatan-darat-timbulkan-kepanikan-gedung-capitol-as-dievakuasi-3gW3iB0IGM.JPG Aksi tim demonstrasi Angkatan Darat AS Golden Knights sempat menimbulkan kepanikan dan evakuasi di Gedung Capitol, Washington DC, Amerika Serikat, 20 April 2022. (Foto: Reuters)

WASHINGTON – Sebuah insiden memicu kepanikan di Gedung Capitol, Washington, Amerika Serikat (AS) pada Rabu (20/4/2022) dan memicu evakuasi anggota Kongres, setelah sebuah pesawat kecil dari tim demonstrasi parasut Golden Knights Angkatan Darat AS terbang di atas pertandingan bisbol, demikian keterangan polisi.

BACA JUGA: Peringatan Setahun Serangan ke Gedung Capitol, Biden Terang-terangan Salahkan Trump

Ketua DPR Nancy Pelosi menyebut kepanikan itu sebagai "kesalahan yang keterlaluan dan menakutkan" oleh Administrasi Penerbangan Federal (FAA) karena kegagalannya untuk memperingatkan Polisi Capitol tentang pertunjukan yang telah direncanakan sebelumnya di stadion bisbol Washington Nationals.

Dia mengatakan Kongres akan memeriksa hasil tinjauan atas insiden tersebut untuk menentukan apa yang salah.

Polisi Capitol AS pertama-tama mengatakan mereka melacak sebuah pesawat yang menimbulkan "kemungkinan ancaman" ke kompleks Capitol, dan kemudian beberapa menit kemudian mengatakan tidak ada ancaman dan bahwa bangunan itu telah dievakuasi karena kewaspadaan yang besar.

Polisi kemudian mengatakan pesawat itu adalah pesawat militer yang membawa anggota tim demonstrasi parasut Golden Knights Angkatan Darat AS. FAA tidak memberi tahu polisi sebelumnya tentang penerbangan militer yang disetujui untuk malam apresiasi militer di Nationals Stadium, kata polisi Capitol kepada staf kongres dalam sebuah surat sebagaimana dilaporkan Reuters.

Pada Rabu malam FAA mengatakan bahwa mereka akan "melakukan tinjauan menyeluruh dan cepat dari peristiwa malam ini dan berbagi pembaruan.

“Kami tahu tindakan kami memengaruhi orang lain, terutama di wilayah ibu kota negara kami, dan kami harus berkomunikasi lebih awal dan sering dengan mitra penegak hukum kami," kata badan itu dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan FAA tidak mengatakan apakah badan tersebut telah memberi tahu Polisi Capitol tentang penerbangan yang lepas landas dari Pangkalan Gabungan Andrews di Maryland itu.

Golden Knights diterjunkan ke stadion bisbol Washington Nationals, Nationals Park, sekira satu mil dari Gedung Capitol, sebelum kembali ke pangkalan Maryland.

"Kepanikan yang tidak perlu yang disebabkan oleh kelalaian yang nyata ini sangat berbahaya bagi anggota, staf, dan pekerja institusional yang masih bergulat dengan trauma serangan di tempat kerja mereka pada 6 Januari," kata Pelosi dalam sebuah pernyataan pada Rabu malam, merujuk pada serangan terhadap Capitol pada 6 Januari 2021.

"Kongres berharap untuk meninjau hasil tinjauan setelah tindakan menyeluruh yang menentukan apa yang salah hari ini dan siapa di Administrasi Penerbangan Federal yang akan dimintai pertanggungjawaban atas kesalahan yang keterlaluan dan menakutkan ini," tambahnya.

Polisi Capitol mengatakan dalam email kepada beberapa staf kongres bahwa "akan bekerja dengan mitra wilayah udara kami untuk mengatasi masalah pemberitahuan."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini