Share

Kodiklatal Gelar Vaksinasi Booster untuk ABK dan Masyarakat Maritim di Dermaga Berlian

Tim Okezone, Okezone · Kamis 28 April 2022 21:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 28 519 2586967 kodiklatal-gelar-vaksinasi-booster-untuk-abk-dan-masyarakat-maritim-di-dermaga-berlian-DqWlFS8l4g.JPG Foto: TNI AL

SURABAYA - Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) menggelar kegiatan vaksinasi dosis 1, 2 dan vaksin booster secara mobile untuk para Anak Buah Kapal (ABK), serta masyarakat maritim Surabaya dan sekitarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan di KM Luzon yang sandar di Dermaga Berlian, Tanjung Perak, Surabaya, Kamis (28/4/2022).

Melalui Satgas Penanggulangan Covid-19, Kodiklatal terus kebut pelaksanaan dosis 2 dan vaksinasi booster dengan menggunakan vaksin jenis Astra Zeneca. Dalam kegiatan vaksin tersebut, Kodiklatal menerjunkan 16 tenaga kesehatan (nakes) dari Satkes Kodiklatal, dan Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum).

Sebanyak 1.346 dosis vaksin telah disiapkan, dan akan diberikan selama dua hari yakni Kamis (28/4) dan Jumat (29/4) kepada para ABK maupun masyarakat maritim yang bekerja di area Dermaga Berlian.

 Baca juga: Imbau Masyarakat Lengkapi Dosis Vaksin Sebelum Mudik, Menko PMK: Jangan Bawa Oleh-Oleh Covid-19

Menurut Komandan Pusdikkes Kodiklatal Kolonel Laut (K) drg. Ketut Triwanto, Sp.Ort, vaksinasi ini merupakan perintah langsung Kasal Laksamana TNI Yudo Margono kepada Komandan Kodiklatal, Letnan Jenderal TNI (Mar) Suhartono untuk melaksanakan serbuan vaksinasi terhadap masyarakat maritim.

“Karenanya disini kita menjemput para ABK yang tidak punya kesempatan berkoordinasi dengan pihak terkait di darat. Kita jemput bola dengan mendatangi kapal-kapal yang sedang lego di pelabuhan,” ujar Danpusdikkes.

Lebih lanjut Ia mengungkapkan, para ABK dapat kembali berkumpul bersama keluarga nanti dengan kondisi sudah di vaksinasi 1,2, maupun booster. “Kita harapkan hal ini dapat membantu memudahkan masyrakat memperoleh akses vaksinasi yang sudah dicanangkan oleh pemerintah untuk dilaksanakan secara masiv menjelang mudik Lebaran 2022,” tambahnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini