Share

Dijanjikan Kerja dengan Gaji yang Besar, 4 WNI Malah Jadi Gelandangan di Singapura

Ketut Catur Kusumaningrat, iNews · Senin 16 Mei 2022 07:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 16 244 2594766 dijanjikan-kerja-dengan-gaji-yang-besar-4-wni-malah-jadi-gelandangan-di-singapura-gnNvpmeMg4.jpg Illustrasi (foto: dok Okezone)

BALI - Dijanjikan mendapatkan pekerjaan, seorang warga negara Indonesia asal Bali malah ditelantarkan di Singapura hingga terpaksa tidur di jalanan. Ia akhirnya dipulangkan oleh KBRI Indonesia untuk Singapura setelah hampir sepuluh hari terlantar di negeri singa tersebut.

I Made Dalem Andi Okyartha, pria asal Banjar Sindu, Desa Sayan, Ubud, Gianyar, Bali akhirnya bisa bernafas lega setelah tiba kembali di kampung halamannya. Pria usia 28 tahun tersebut sempat ditelantarkan di Singapura, ia ternyata ditipu oleh salah satu agen yang mengiming-imingi mencarikan pekerjaan kepada dirinya di luar negeri dengan membayar sejumlah uang.

Kasus ini bermula pada saat I Made Dalem Andi Okyartha mengikuti seminar untuk bekerja di luar negeri pada akhir tahun 2021 lalu, ia kemudian mendapatkan tawaran untuk bekerja ke luar negeri dengan iming-iming gaji yang cukup besar oleh agen yang mengadakan seminar tersebut.

โ€œAwalnya ditawarkan untuk bekerja ke Inggris dengan membayar uang Rp20 juta lebih, setelah menyetorkan sejumlah uang, agen tersebut menjanjikan keberangkatan akan dilakukan pada bulan Februari 2022,โ€ kata Made Dalem, Senin (16/5/2022).

Hingga bulan Februari 2022, korban tidak kunjung mendapatkan kepastian terkait jadwal keberangkatan ke Inggris, merasa lama tidak diberikan kepastian, korban lalu meminta pengunduran diri untuk berangkat kerja ke Inggris dan meminta uang yang sebelumnya disetorkan untuk dikembalikan.

Namun pihak agen kembali mengimingi korban untuk tetap berangkat kerja ke luar negeri, namun kali ini untuk berangkat bekerja ke Singapura dengan iming-iming gaji yang cukup besar, korban akhirnya menyetujui untuk diberangkatkan ke Singapura.

โ€œBulan April, kami akhirnya diberangkatkan ke Singapura, bersama empat orang lainnya dari Indonesia,โ€ bebernya.

Sesampainya di Singapura, ternyata korban bersama empat orang warga negara indonesia lainnya diduga ditipu oleh agen pemberangkatan karena tiket bookingan hotel yang diberikan ternyata palsu hingga korban dan empat orang WNI lainnya terpaksa tidur di jalanan.

Setelah hampir sepuluh hari tidak diberikan kepastian, dan merasa telah ditipu oleh pihak agen, korban Made Dalem kemudian menghubungi temannya orang Singapura yang pernah diajak bekerja di Bali untuk memohon bantuan, hingga akhirnya pihak KBRI Indonesia untuk Singapura melakukan tindak lanjut dan memulangkan Made Dalem beserta empat orang WNI lainnya ke Indonesia.

Hingga sampai pulang ke Indonesia, Made Dalem Andi juga sempat dipanggil oleh Bareskrim Polri terkait kasus dugaan penipuan tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini