Share

Gelombang Besar Terjang Sukabumi dan Sekitarnya, BMKG: Risiko Tinggi untuk Nelayan

Arif Budianto, Koran SI · Selasa 17 Mei 2022 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 17 525 2595283 gelombang-besar-terjang-sukabumi-dan-sekitarnya-bmkg-risiko-tinggi-untuk-nelayan-nXfLntipxI.jpg Foto: Antara

BANDUNG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi terjadinya gelombang tinggi antara 2,5 hingga 4 meter di laut selatan Jawa Barat mulai hari ini hingga 19 Mei 2022.

(Baca juga: Waspada Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Selat Sunda Barat dan Selatan)

Prakirawan Stasiun Geologi Tunggul Wulung Suwardi mengatakan, ada potensi terjadinya gelombang tinggi hingga 4 meter di beberapa wilayah Jabar.Diantaranya di perairan selatan Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, hingga Pangandaran.

Dijelaskan dia, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Timur - Selatan dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur - Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 - 25 knot.

"Harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran seperti perahu nelayan dan kapal ukuran besar lainnya. Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada, "ujarnya.

Beberapa panduan bagi pelayaran diantaranya Perahu Nelayan dengan kecepatan angin lebih dan 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m.

Kapal tongkang (Kecepatan angin lebih dan 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m). Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini