Share

5 Tempat dengan Penjagaan Paling Ketat di Dunia, Salah Satunya di Indonesia

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Jum'at 20 Mei 2022 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 18 2597005 5-tempat-dengan-penjagaan-paling-ketat-di-dunia-salah-satunya-di-indonesia-v3Ybh3yJBi.jpg Gedung Putih adalah salah satu tempat dengan penjagaan terketat di dunia. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Banyak negara di dunia yang memiliki bangunan dengan penjagaan paling ketat. Hal itu dimaksudkan agar lokasi tersebut bisa aman dari serangan, termasuk juga mencegah orang-orang di alamnya agar tidak melarikan diri.

BACA JUGA: Lima Perbatasan Negara Paling Berbahaya di Dunia

Berikut beberapa tempat di dunia dengan penjagaan paling ketat, sebagaimana dirangkum Tim Litbang MPI:

1. Fort Knox

Fort Knox merupakan tempat berharga milik Amerika Serikat (AS) yang menampung banyak aset moneter negara itu. Di dalamnya terdapat setidaknya 5 ribu ton emas. Lemari besi penyimpanan aset lainnya ditaruh di ruangan dengan pintu seberat 250 ton.

Fort Knox yang terletak Kentucky itu menjadi simbol keamanan paling ketat di Amerika. Tempat ini dilindungi baja yang mampu menghalau serangan jenis apa pun. Ditambah lagi keberadaan kamp militer yang mengelilingi lokasi ini. Banyak rumor beredar yang menyebutkan bahwa Fort Knox dilengkapi dengan ranjau darat dan pagar listrik.

BACA JUGA: 4 Penjara Paling Mengerikan di Indonesia, Nomor 3 Ribuan Orang Tewas Tergantung

2. Penjara Nusakambangan

Di Indonesia, penjara Nusakambangan termasuk dalam daftar tempat dengan penjagaan ketat. Tempat ini berada di sebuah pulau yang terletak di Kabupaten Cilacap. Melansir Okezone, ada beberapa lapas khusus yang terdapat di kompleks penjara ini, seperti Lapas Kelas IIA Pasir Putih, Lapas Kelas I Batu, dan Lapas Khusus Karanganyar. Seluruh lapas tersebut memiliki tingkat keamanan level tinggi yang menerapkan prinsip one man one cell. Hal itu berarti satu sel hanya boleh diisi oleh satu narapidana.

Rata-rata, mereka yang ditahan di Nusakambangan adalah narapidana kasus teroris dan narkotika. Untuk memastikan keamanan, petugas melakukan patrol setiap hari. Para petugas juga dibekali dengan senjata api, mengingat narapidana yang ditahan sangat berisiko tinggi. Letaknya yang berada di tengah laut juga menyulitkan napi untuk kabur dari penjara Nusakambangan.

3. Penjara La Sante

Prancis memiliki penjara La Sante yang terkenal memiliki penjagaan superketat. Menurut catatan sejarahnya, La Sante adalah sebuah penjara kecil yang berdiri pada 1867 dan sangat disesaki oleh tahanan. Banyak pihak mengatakan bahwa sekali saja seseorang masuk ke La Sante, maka ia tidak akan bisa keluar lagi. Hal ini menandakan bahwa penjagaan di La Sante amat ketat.

Kisah yang beredar menyebut, ada beberapa tahanan yang mencoba kabur dari penjara ini melalui pipa pembuangan kotoran. Namun, betapa kagetnya mereka saat mengetahui pipa kotoran itu dikunci oleh petugas keamanan penjara. Padahal, para tahanan berpikir bahwa pipa pembuangan kotoran adalah lokasi paling mudah yang bisa diakses untuk melarikan diri.

4. Gedung Putih

Sebagai rumah bagi Presiden Amerika Serikat dan keluarganya, Gedung Putih tentu dijaga ketat oleh pihak keamanan AS. Bahkan, Gedung Putih dinobatkan sebagai salah satu bangunan paling aman di dunia. Fitur-fitur pengamanan Gedung Putih di antaranya adalah jendela anti peluru, bungker nuklir, dan zona larangan terbang di atas Gedung Putih sejauh 15 mil. Penguji rasa makanan khusus juga ditempatkan di Gedung Putih yang ditugaskan untuk memastikan bahwa makanan Presiden tidak diracuni.

Dalam laman resmi White House, pasukan polisi Gedung Putih resmi ditempatkan di bawah administrasi Dinas Rahasia negara itu mulai tahun 1930. Sebelumnya, pada Desember 1894, sebuah pos penjagaan berbentuk kotak ditempatkan tepat di depan pintu masuk Gedung Putih. Namun, hal ini dikritik oleh media surat kabar karena memberikan kesan bahwa Gedung Putih adalah tempat terlarang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini