Share

Susu Formula Bayi Langka, New York Umumkan Keadaan Darurat

Susi Susanti, Okezone · Selasa 24 Mei 2022 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 18 2599365 susu-formula-bayi-langka-new-york-umumkan-keadaan-darurat-ouC1XSZrGD.jpg Ilustrasi susu formula bayi (Foto: Xinhua)

NEW YORK - New York City (NYC) mengumumkan keadaan darurat di tengah kekurangan susu formula bayi yang sedang berlangsung, berpotensi memungkinkan para pejabat untuk memerangi pencatutan produk yang langka.

Langkah yang diumumkan oleh Walikota Eric Adams pada Minggu (22/5/2022) ini memberi Departemen Perlindungan Konsumen dan Pekerja kota itu kekuatan untuk mencegah kenaikan harga dengan menindak pengecer.

"Perintah eksekutif darurat ini akan membantu kami menindak pengecer mana pun yang ingin memanfaatkan krisis ini dengan menaikkan harga barang penting ini,โ€ terangnya.

โ€œPesan kami kepada para ibu dan keluarga yang berjuang sederhana: Kota kami akan melakukan segala daya untuk membantu Anda selama masa yang penuh tantangan ini,โ€ lanjutnya.

Baca juga:ย Atasi Kekurangan, Pesawat Militer AS Angkut 31 Kg Susu Formula dari Jerman

Siaran pers pejabat kota ini juga menyatakan bahwa orang tua di New York City yang merasa mereka ditagih berlebihan untuk susu formula sekarang dapat mengajukan keluhan di situs resmi pemerintah NYC.

Baca juga:ย ย Bunda Tolong Dibaca, Ini Risiko Memberi Susu Formula pada Bayi Baru Lahir

Amerika Serikat (AS) telah menghadapi kekurangan susu formula bayi secara nasional sejak Februari, setelah masalah rantai pasokan yang sudah ada yang berasal dari pandemi Covid-19 diperburuk oleh penarikan produk utama oleh salah satu produsen susu formula utama negara itu, Abbott Laboratories, yang juga terpaksa menutup fasilitas produksi terbesarnya di negara itu setelah Food and Drug Administration (FDA) dilaporkan menemukan bukti kontaminasi bakteri di pabrik yang diduga menyebabkan empat bayi jatuh sakit, dua di antaranya meninggal.

Abbott telah membantah tuduhan itu, dan menegaskan bahwa tidak ada kontaminasi bakteri yang ditemukan dalam produk akhirnya. Pabrikan telah bekerja dengan FDA untuk meluncurkan kembali fasilitas produksinya sesegera mungkin, tetapi telah mencatat bahwa masih bisa berbulan-bulan sebelum stok dari pabrik mencapai rak-rak toko.

Sementara itu, Gedung Putih telah berusaha untuk mengurangi kekurangan yang sedang berlangsung, dengan menerapkan Undang-Undang Produksi Pertahanan, yang memberi presiden AS wewenang untuk memaksa produsen untuk memprioritaskan kontrak yang dianggap perlu untuk pertahanan nasional, terlepas dari kerugian yang terjadi, dan memungkinkan pemerintah untuk menunjuk bahan yang dilarang dari penimbunan dan pencongkelan harga.

Pentagon juga telah mengumumkan operasi militer untuk mengangkut produk dari luar negeri ke AS selama mereka memenuhi pedoman keselamatan dan nutrisi yang ditetapkan oleh FDA, yang telah berjanji untuk merampingkan proses peninjauan untuk memungkinkan susu formula bayi segera berada toko lebih cepat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini