Share

Atasi Kekurangan, Pesawat Militer AS Angkut 31 Kg Susu Formula dari Jerman

Susi Susanti, Okezone · Senin 23 Mei 2022 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 23 18 2598651 atasi-kekurangan-pesawat-militer-as-angkut-31-kg-susu-formula-dari-jerman-QJ1RYFJ2AM.jpg Militer AS terbangkan 31 kg susu formula bayi dari Jerman (Foto: AP)

INDIANAPOLIS - Militer Amerika Serikat (AS) telah menerbangkan pesawat C-17 yang memuat 70.000 lb (31.751kg) susu formula bayi Nestle Swiss ke Indianapolis dari Pangkalan Udara Ramstein di Jerman.

Menteri Pertanian AS Tom Vilsack mengatakan kepada wartawan pada Minggu (22/5/2022), pengiriman tersebut merupakan bagian dari Operation Fly Formula, program baru pemerintahan Biden untuk mengatasi kekurangan susu formula bayi yang saat ini mencengkeram AS.

Berbicara kepada wartawan di Bandara Internasional Indianapolis, Vilsack memuji pengiriman yang dinilai dapat digunakan untuk 9.000 bayi dan 18.000 balita selama seminggu. Sebanyak 1,5 juta botol susu formula 8 ons diharapkan tiba dalam minggu depan.

Baca juga: Militer AS Beri Kue Ulang Tahun untuk Wanita Italia Usai Mencurinya 77 Tahun yang Lalu

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengumumkan akan mengizinkan sementara impor susu formula bayi dari produsen asing pada Senin (23/5/2022) dalam upaya untuk memperbaiki kekurangan, yang meningkat pesat pada Februari lalu setelah masalah rantai pasokan Covid-19 yang sudah ada diperparah oleh kontaminasi bakteri di pembuat formula terbesar di negara itu, Abbott Labs.

Baca juga: Bunda Tolong Dibaca, Ini Risiko Memberi Susu Formula pada Bayi Baru Lahir

Pemerintahan Biden juga telah menerapkan Undang-Undang Produksi Pertahanan dalam upaya untuk meningkatkan ketersediaan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memproduksi formula tersebut.

Sementara itu Departemen Kehakiman telah mencapai kesepakatan tentatif dengan Abbott untuk menyelesaikan masalah kontaminasi tersebut. Jika FDA memberi perusahaan lampu hijau untuk melanjutkan produksi, diperkirakan akan memakan waktu delapan hingga 10 minggu untuk mengatasi kekurangan di dalam negeri.

Menurut CBS News, harga komoditas berharga juga meningkat, dengan biaya meningkat sebanyak 18% pada tahun sebelumnya. Namun, inflasi secara umum telah melonjak ke level mendekati rekor di AS, dan sebagian besar barang makanan dan komoditas seperti bensin dijual dengan harga lebih tinggi daripada tahun lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini