Share

Kelainan Genetik, Sapi Mutan Lahir Tanpa Mata dan Otak Rusak Menonjol Tanpa Tengkorak

Susi Susanti, Okezone · Selasa 31 Mei 2022 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 31 18 2603181 kelainan-genetik-sapi-mutan-lahir-tanpa-mata-dan-otak-rusak-menonjol-tanpa-tengkorak-Lq8r6i6Xxy.jpg Anak sapi mutan lahir tanpa mata dan tengkorak (Foto: Newsflash)

TURKI - Seekor sapi mutan terlihat begitu berjuang untuk bertahan hidup tanpa mata dan tengkorak yang cacat.

Foto-foto menakjubkan dari sebuah desa di provinsi Elazig, Turki tengah-timur, menunjukkan anak sapi yang baru lahir dengan otak besar yang menonjol di bawah kulitnya.

Wajah sapi yang telah dibandingkan dengan binatang abstrak dari lukisan Picasso ini diperkirakan tidak akan hidup lebih lama.

Petani yang namanya belum dilaporkan itu, segera menghubungi dokter hewan setempat Hikmet Bicer untuk meminta nasihat setelah melihat anak sapi yang tidak biasa itu.

Dokter hewan mengatakan anak sapi dilahirkan dengan tengkorak yang cacat dan tidak memiliki mata.

Baca juga: Sapi 'Mutan' Bertanduk Tiga Kejutkan Warga Uzbekistan

Ia juga mengatakan bahwa tulang rahang hewan tersebut belum terbentuk, artinya tidak bisa makan dan tidak akan bertahan lama. Menurut dokter hewan, karena tengkorak tidak terbentuk dengan benar, otak anak sapi itu pun menonjol hingga ke bawah kulit,

“Ini adalah anomali kelahiran, biasanya terjadi sebagai akibat dari kelainan genetik. Ini adalah kondisi yang sangat langka,” terang Bicer kepada media lokal.

Baca juga:  Anak Sapi dengan Wajah Seperti Manusia Lahir di Argentina

“Tengkorak anak sapi belum terbentuk dengan baik dan otaknya berada di bawah kulit. Itu juga tidak memiliki mata,” lanjutnya.

“Hidung dan mulutnya sebagian terbentuk, dan tidak ada struktur rahang yang kuat,” ujarnya.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

“Dalam kasus seperti itu, anak sapi tidak memiliki peluang untuk bertahan hidup. Karena rahangnya belum terbentuk, ia tidak bisa makan,” ujarnya.

Dokter hewan mengatakan ini adalah pertama kalinya dia mengalami situasi tak biasa ini.

Tahun lalu, seorang petani di Makedonia Utara ketakutan ketika seekor sapi melahirkan anak sapi mutan dengan dua kepala yang menyatu.

Penduduk desa Vasko Popovski mengatakan bayi mutan yang baru lahir memiliki empat mata, dua hidung, dua mulut tetapi satu otak dan menggambarkan bagaimana dua tengkorak anak sapi itu "menyatu".

Di Rusia, seekor anak sapi aneh yang menyerupai dua babi lebih dari seekor sapi yang baru lahir, tidak selamat dari kelahirannya yang sayangnya juga membunuh induknya.

Tak hanya itu, seorang dokter hewan mempelajari anak sapi di desa Matkechik, Khakassia pada awal Oktober 2021 setelah seorang petani melaporkan kelainan aneh tersebut.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini